Breaking News:

Wong Kito

DOKTER Wanita Ini Sering Dipukul dan Dimarahi Pasiennya, Tapi Tetap Enjoy dan Nyaman, Ini Sosoknya!

Selama empat tahun terakhir menjadi dokter spesialis di RSJ Erba membuatnya merasa nyaman dan enjoy dalam menghadapi tantangan bertemu pasien

Sripoku.com/Maya Citra Rosa
Dokter Spesialis Kejiwaan RS Ernaldi Bahar, dr RA Mulya Liansari Sp KJ saat ditemui Senin (22/2/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya CR

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Hampir setiap harinya, dr RA Mulya Liansari Sp KJ bertemu dan menangani pasien dengan gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar (RSJ Erba) Palembang.

Sebagai dokter spesialis kedokteran jiwa sejak tahun 2017 lalu, dr Mulya seringkali bertemu pasien dengan berbagai permasalahan kejiwaan, juga dengan usia yang beragam mulai dari anak kecil hingga orang tua. 

Dia bercerita, pasien pertamanya yang paling ia ingat adalah seorang atlit berusia 20 tahunan dengan gangguan perubahan perilaku Skizofrenia. 

Pasien tersebut mengamuk dan merusak benda sekitarnya saat penyakit kejiwaannya mulai kambuh.

Namun dr Mulya harus menanganinya dengan sabar dan tidak terpancing emosi, sehingga pasien tersebut kembali tenang.

“Pasien atlit itu masih saya ingat karena waktu itu awal-awal menjadi dokter spesialis. Kalau mereka mengamuk itu bisa merusak atau memukul, saya pernah semua, dimarahi dan dipukul, tapi sebagai dokter tidak boleh diambil hati,” ujarnya.

Selama empat tahun terakhir menjadi dokter spesialis di RSJ Erba membuatnya merasa nyaman dan enjoy dalam menghadapi tantangan bertemu pasien dengan sakit kejiwaan.

Hal ini karena di Sumsel sendiri masih sedikit dokter umum yang mengambil spesialis kedokteran jiwa.

Setelah menempuh pendidikan dokter umum di Universitas Sriwijaya (Unsri) pada Tahun 2009, dr Mulya mengambil pendidikan dokter spesialis di Universitas Indonesia, dan menyelesaikannya pada tahun 2017.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved