Breaking News:

Musim Hujan Sungai di Pagaralam Penuh Sampah, Terkesan Kotor dan Menghambat Aliran Air

Musim hujan membawa maslahtersendiri bagi kota Pagaralam, selain debit yang meninggi tumpukan sampah pun terlihat mencemari sungai

sripoku.com/wawan septiawan
Tumpukan Sampah : Tampak kondisi salah satu sungai di Kota Pagaralam yang dipenuhi sampah usai hujan menguyur 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Kota Pagaralam saat ini memasuki puncak musim hujan. Bahkan hampir setiap hari hujan turun dengan intensitas tinggi sehingga  debet air  disejumlah sungai di Pagaralam meningkat. 

Bersamaan dengan meningkatnya debit air, arus sungai juga membawa berbagai macam sampah sehingga sungai terlihat  kotor. Dikhawatirkan sampah yang menumpuk ini akan menghalangi aliran air sehingga dapat menimbulkan  banjir.

 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui Kabid Pengolahan Sampah Deska mengatakan, bahwa DLH sudah sangat intens memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

"Kita selalu mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai atau aliran drainase. Pasalnya bisa berdampak buruk bisa membuat banjir," ujarnya.

Namun terkait masih banyaknya sampah yang ditemui di sungai saat ini, pihak DLH sangat menyayangkan. Padahal pemerintah sudah mengatur jam pembuangan sampah.

"Saat ini kita telah melakukan pengambilan sampah dilingkungan masyarakat sebanyak dua kali dalam sehari. Namun sayang masih ada oknum yang nakal tetap membuang sampah disungai," katanya.

Pihak DLH akan berkoordinasi dengan PUPR untuk mengangkut sampah yang ada disungai agar kembali bersih.

Cipen (30) salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari sungai mengatakan, bahwa memang saat ini sungai sudah mulai dangkal. Bahkan jika hujan lebat turun air sungai sudah naik ke daratan.

"Kami harap akan ada normalisasi sungai yang ada di Pagaralam. Hal ini agar air sungai tidak masuk kepermukiman warga," ungkapnya.(one)

 

 
 

 
 

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved