Breaking News:

Permudah Guru SD Rancang Media Pembelajaran Berbasis Android Gunakan MIT App Inventor

tim dosen interdisipliner Unika Musi Charitas mendampingi guru-guru merancang media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT app inventor

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Tampilan awal dan konten Bahasa Mandarin SD Kelas II menggunakan MIT App Inventor, dan tampilan awal dan soal Matematika menggunakan MIT App Inventor. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Guna menjawab kemajuan teknologi smartphone, tim dosen interdisipliner Unika Musi Charitas terispirasi mendampingi guru-guru di Sekolah Dasar My School dalam merancang media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT app inventor. 

Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis android baik yang menggunakan koding maupun tidak.

Salah satu bentuk aplikasi berbasis android adalah MIT app inventor.

Pendampingan yang merupakan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada sejak bulan Oktober 2020 hingga proses evaluasi di bulan Februari 2021.

Materi perancangan media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT app inventor disampaikan Lisnani, S.Pd., M.Pd. 

Baca juga: Dorong Prestasi Atlet, FOPI Sumsel Bakal Gelar Kejurda Piala Ketua KONI Sumsel

Baca juga: Kronologi Panther Touring Terjun Ke Sungai Suami Selamat, Istri Tenggelam Tak Bisa Keluar

"Hasil dari perancangan ini merupakan bukti bahwa pembelajaran berbasis android bukanlah hal yang sulit bagi pendidik untuk menghasilkan media pembelajaran hasil karya sendiri," ungkap Lisnani, S.Pd., M.Pd dalam rilisnya yang diterima Sripoku.com, Selasa (16/2/2021).

Dijelaskannya, MIT app inventor merupakan bahasa memrograman could dengan sistem puzzle memudahkan para pengembang baru dalam pembuatan aplikasi android karena dalam prosesnya hanya perlu drag and drop. 

Perancangan media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT app inventor ini bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik di dalam proses pembelajaran. 

Adapun hasil dari perancangan pembelajaran berbasis android dihasilkan oleh dua orang guru di SD My School Palembang yaitu Cindy Crawford Kwek, S.S. yang menjadi guru Bahasa Mandarin yang merancang pembelajaran Bahasa Mandarin bagi peserta didik kelas II SD tentang anggota tubuh manusia.

Tak hanya antusiasme dari Cindy, guru lain pun itu merancang media pembelajaran berbasis android ini yaitu Bryan Robson, S. Pd. Yang merancang media pembelajaran berbasis android pada pelajaran Matematika materi bilangan dan bangun datar bagi peserta didik kelas VI SD dalam bentuk soal-soal matematika yang diintegrasikan dengan aplikasi lainnya. 

 
"Kendatipun hasil yang diperoleh masih sangat sederhana dan dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat," kata Dr. Ian Kurniawan, M.Eng selaku ketua tim PkM kali ini.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved