Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 Depan Mata, Ini Bocoran Tes Soal Ujian PPPK 2021, Para Guru Wajib Tahu

Berikut bocoran tes dan rincian soal dalam ujian seleksi PPPK 2021 yang dikutip dari laman P3K Kemdikbud sebagai berikut:

Penulis: Rizka Pratiwi Utami | Editor: Welly Hadinata
Tribun Timur
Peserta CPNS 

SRIPOKU.COM - Inilah skema rekrutmen PPPK 2021 yang rencana bakal dibuka mulai April atau Mei 2021.

Program PPPK  atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ini adalah salah satu program yang paling ditunggu oleh tenaga pendidik.

Program PPPK ini ditujukan untuk rekrutmen 1 juta guru di tahun 2021.

Nah, untuk proses pendaftarannya akan tetap dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara PPPK (SSCASN-P3K).

Sementara, penetapan kebutuhan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan, yang bisa mengikuti seleksi ini adalah guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik.

Lulusan pendidikan profesi guru yang saat ini tidak mengajar juga bisa mengikutinya.

Nadiem mengatakan, guru honorer yang lolos seleksi dan ditetapkan menjadi P3K akan mendapat renumerasi yang setara dengan pegawai negeri sipil (PNS).

Selain itu, Guru berlomba-lomba memanfaatkan jatah tes untuk pendaftaran PPPK 2021 yang disediakan oleh pemerintah.

Seleksi ujian ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para Guru, karena mereka harus menjawab tes dengan benar dan rincian soal dengan benar.

Saat pengangkatan PPPK 2021 nanti, pemerintah akan mengutamakan kompetensi yang dimiliki oleh para Guru.

“Kami ingin memperbaiki pendidikan Indonesia jadi seleksinya pun harus berdasarkan kompetensi bukan pengalaman,” kata Sekjen Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Nunuk Suryani.

Pengangkatan PPPK telah diatur dalam PP Nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Berikut bocoran tes dan rincian soal dalam ujian seleksi PPPK 2021 yang dikutip dari laman P3K Kemdikbud sebagai berikut:

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved