Breaking News:

Mulai 17 Maret Polantas Polda Sumsel Dilarang Melakukan Tilang di Beberapa Tempat, Ini Kata Pengamat

Sebab, simulasi Tilang Elektronik akan segera diberlakukan, meski begitu, ada beberapa catatan yang diberikan oleh para Pengamat.

Penulis: Bayazir Al Rayhan | Editor: Hendra Kusuma
Ilustrasi/handout/ist
Ilustrasi Traffik Light Tilang Elektronik akan diperlakukan CCTV akan dipasang di beberapa lokasi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Ada beberapa catatan bahwa Mulai 17 Maret Polantas Polda Sumsel Dilarang Melakukan Tilang Konvensional di beberapa tempat atau lokasi di Palembang dan beberapa kabupaten/kota di Sumsel.

Sebab, simulasi Tilang Elektronik akan segera diberlakukan, meski begitu, ada beberapa catatan yang diberikan oleh para Pengamat.

Seperti diketahui, Tilang elektronik rencananya akan mulai dilaksanakan pada 17 Maret 2021 di seluruh wilayah Indonesia. Ini dalam rangka 100 hari program kerja Kapolri.

Setidaknya 19 Polda di Indonesia akan menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik termasuk di untuk Polda Sumsel.

Terkait dengan hail ini diungkapkan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Gedung NTMC Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/1/2021), bahwa salah satunya adalah Polda Sumsel.

"Target kita pada program 100 hari bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) ada sekitar 19 Polda yang akan kita lakukan (menerapkan kamera ETLE). Di tahap pertama ini rencananya akan kita launching di bulan Maret (2021), yang sudah siap antara lain ada lima polda dan beberapa polres jajaran," ujar Istiono.

Menurut dia, secara bertahap dan terus-menerus hingga semuanya di 34 kota provinsi ini terpasang, termasuk kawasan Polda Sumsel."Sehingga dengan demikian penindakan hukum kita, nanti otomatis berbasis IT dengan ETLE ini," Istiono

Meski dimulai sejak 17 Maret, namun Tilang Elektronik di POlda Sumsel memang belum diketahui pasti, namun diprediksi akan dilakukan simulasi, sehingga di beberapa kawasan di Sumsel khususnya di Palembang akan dipasang alat khusus berupa CCTV pemantau, sehingga Polantas Polda Sumsel tak lagi berhak melakukan Tilang di kawasan tersebut.

Namun, untuk di Sumsel sendiri tilang elektronik belum dilaksanakan sesuai dengan tanggal yang direncanakan.

Seperti diketahui, Rencana penerapan tilang elektronik ini sudah menjadi pembahasan hangat dikalangan masyarakat.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved