Breaking News:

Tuas Rem dan Kopling Sepeda Motor Wajib Diperhatikan, Ini Tips Berkendara dengan Aman dari Honda

Safety Riding Instructur Astra Motor Sumsel, Muhamad, Isnaini menjelaskan teknik seputar pengereman seperti tutup putaran gas dorong, tarik tuas rem

IST
Team Safety Riding Astra Motor Sumsel mengelar edukasi aman berkendara pada siswa SMA Negeri 14 secara virtual, Jumat (29/1/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Guna menekan terjadinya kecelakaan sepeda motor di jalan terutama bagi kalangan remaja, perlu adanya edukasi yang benar-benar aman dan harus ditaati. 

Team Safety Riding Astra Motor Sumsel kembali mengelar edukasi aman berkendara pada siswa SMA.

Mengingat masih dalam situasi pandemi, edukasi aman berkendara ini dilakukan secara virtual via zoom dengan tema "Tahun Baru Resolusi#Cari_Aman" bersama 71 siswa SMA Negeri 14 Palembang, Jumat (29/1/2021).

Safety Riding Instructur Astra Motor Sumsel, Muhamad, Isnaini menjelaskan teknik seputar pengereman seperti tutup putaran gas dorong, tarik tuas rem depan dan rem belakang, tarik tuas kopling dan turunkan kaki kiri.

Kemudian materi seputar teknik menikung dan konsep menikung.

Materi lain yang diberikan dijelaskannya seperti faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan berkendara, mulai dari faktor manusianya sendiri hingga komponen motor.

Faktor manusia mencakup bagaimana persiapan pengendara sebelum berkendara, kondisi tubuh yang sehat serta bagaimana cara pengendara tersebut berkendara. 

Faktor motor meliputi pengecekan perlengkapan dan kondisi motor sebelum berkendara adalah hal yang wajib. 

"Hal ini untuk memastikan bahwa motor yang kita kendarai aman selama dalam perjalanan," ujar Isnadi.

Baca juga: Besok Terakhir, Servis Lengkap di AHASS Honda Didiskon 50 Persen

Baca juga: Astra Honda Motor Diskon Angsuran Rp 75 Ribu Per Bulan Khusus untuk Guru

Baca juga: Peduli Penangan Pasien Covid-19, Astra Group Kembali Donasikan 50 Ventilator

Kemudian dijelaskannya, faktor lingkungan. Ketika berkendara, pengemudi wajib waspada terhadap apa ada di sekitar kita seperti jalan yang berlubang, jalan yang tidak rata, menghindari area blind spot.

Halaman
12
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved