Breaking News:

Info Otomotif

Tips Menjaga Agar Accu Mobil  Awet dan Tahan Lama, Yuk Lakukan Hal Ini !

"Kondisi yang mempengaruhi usia atau daya tahan aki mobil sendiri ada beberapa hal. Selain dari pemakaian mobil, faktor cuaca juga bisa mempengaruhi,"

Editor: Adrian Yunus

SRIPOKU.COM - Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor.

Tak hanya mesin dan ban, aki atau baterai merupakan komponen yang cukup penting pada setiap mobil.

Mobil akan mengandalkan benda berbentuk kotak tersebut untuk sumber daya saat proses starter. Lantas berapa lama masa pakai aki mobil?

Aki mobil tentu ada masa pakainya, bahkan masa pakainya bisa menjadi lebih singkat.

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara menyampaikan bahwa dalam beberapa kondisi, masa pakai aki mobil bisa tergantung dari pemakaian kendaraan itu sendiri.

"Kondisi yang mempengaruhi usia atau daya tahan aki mobil sendiri ada beberapa hal. Selain dari pemakaian mobil, faktor cuaca juga bisa mempengaruhi," tutur Tara, Selasa (26/1/2021).

Rata-rata, aki mobil mampu bertahan antara 2 hingga 5 tahun, faktor terpenting yang mempengaruhi berapa lama aki mobil akan bertahan adalah cuaca.

Mesin yang berjalan di bawah kap mesin sudah menghasilkan panas tingkat tinggi, ditambah mobil yang dipakai dalam kondisi cuaca panas terik, semakin tinggi ujian aki tersebut.

Suhu panas dapat menyebabkan cairan pada aki mobil menguap hingga merusak struktur internal aki.

Itulah mengapa masa pakai aki mobil rata-rata lebih pendek di daerah yang iklimnya lebih hangat. 

Halaman
12
Tags
Accu Mobil
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved