Breaking News:

Suriah Utara Diduga Diserang Jet Tempur Israel, 38 Orang Tewas

Suriah utara diduga diserang oleh jet-jet tempur milik Israel, Rabu (13/1/20210. Laman berita Aljazeera mewartakan berdasar sumber

reuters/kontan
israel 

SRIPOKU.COM -- Suriah utara diduga diserang oleh jet-jet tempur milik Israel, Rabu (13/1/20210.

Laman berita Aljazeera mewartakan berdasar sumber mereka, sekurangnya 38 orang tewas akibat serangan ini. Sembilan di antaranya tentara Suriah.

Sisanya disebutkan anggota kelompok paramiliter. Aljazeera menyebutkan, sekurangnya terjadi 18 gelombang serangan udara di timur kota Deir Ez-Zorr hingga Al Bukamal di perbatasan Suriah-Irak.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mencatat, gelombang serangan udara itu yang terbesar sejak 2018.

Kelompok yang dijadikan target paramiliter Hizbullah Lebanon dan Brigade Fatimiyah, yang terdiri pejuang Afghanistan pro-Iran.

Israel tidak mengomentari informasi ini. Menurut LSM yang berbasis di London itu, seorang pejabat senior intelijen AS yang mengetahui operasi itu mengatakan aksi itu direncanakan di Washington.

Kepada kantor berita The Associated Press, sumber itu mengatakan sejumlah gudang di Suriah utara yang diduga digunakan kelompok yang didukung Iran, jadi target yang dihancurkan.

Baca juga: 2 Jenazah Lagi Korban Sriwijaya Air SJ 182 Berhasil Diidentifikasi, Berikut Identitasnya

Baca juga: Ribka Tolak Vaksinasi Covid-19, Begini Reaksi Fraksi PDI-P di DPR

Baca juga: SINGKIRKAN 12 Komjen, Lompati 4 Angkatan, Fakta Listyo Sigit Calon Kapolri Pilihan Presiden Jokowi

Informasi keterlibatan intelijen AS itu diduga ada kaitan dengan pertemuan Menlu AS Mike Pompeo dan Kepala Mossad Yosi Cohen di Washington, Senin (12/1/20021).

Pejabat AS, yang meminta identitasnya tak disebutkan menurut AP, rencana operasi dirumuskan Pompeo dan Cohen, sebagai bagian usaha menekan pengaruh Iran di Suriah.

Militer Israel dan juga Washington tidak segera berkomentar. Kantor berita negara Suriah SANA melaporkan serangan itu tetapi tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Halaman
123
Editor: adi kurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved