Kebun Edukasi Sarah Buka Program Magang Bagi Mahasiswa

Kebun Edukasi Sarah dibangun sebagai bagian dari program Sampah Jadi Berkah yang dirintis INAgri dengan dukungan Pertamina EP Asset Prabumulih Field

Editor: aminuddin
ist
MAGANG: Empat mahasiswa yang sedang magang di Kebun Edukasi Sarah. (SRIPOKU.COM/IST) 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa di Kota Prabumulih terdapat kebun percontohan urban farming yang dirancang untuk kegiatan edukasi.

Kebun ini bernama Kebun Edukasi Sarah dan berada di Kelurahan Muntang Tapus.

Kebun Edukasi Sarah dibangun sebagai bagian dari program 'Sampah Jadi Berkah' yang dirintis oleh Institut Agroekologi Indonesia (INAgri) dengan dukungan Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field.

Sebagai percontohan kebun ini fokus pada kegiatan pendidikan (edukasi), selain kegiatan budidaya sayur sehat, dan bagian dari pengelolaan sampah terpadu.

Ada sejumlah kegiatan edukasi rutin yang berlangsung sejak kebun ini dibuka pada November 2018.

Pertama, Pendidikan Dasar Konservasi Alam dan Lingkungan (PASAR KALANGAN) dilakukan sebulan sekali untuk anak-anak usia taman kanak-kanak, SD, SMP, hingga SMU.

Kedua, Sarah Workshop on the Weekend (SARAH WOW) yang dapat diikuti kalangan umum usia dewasa.

Sejak pandemi Covid-19, kedua program ini sempat tertunda.

Sejak Desember tahun 2020 lalu, pengelola Kebun Edukasi Sarah telah mulai membuka kembali kegiatan SARAH WOW dengan pembatasan jumlah peserta dan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Tani Milenial
Satu lagi terobosan yang dilakukan untuk menggalakkan kegiatan edukasi terkait gaya hidup sehat masyarakat perkotaan di Prabumulih.

Khususnya kalangan milenial, baik umum maupun mahasiswa.

Caranya dengan membuka program magang.

“Saat ini ada empat mahasiswa yang sedang magang di Kebun Edukasi Sarah.

Satu dari jurusan agronomi UGM, dan tiga orang dari fakultas pertanian Universitas Sriwijaya,” kata Avidia Ariyansyah atau akrab disapa David, Kepala Kebun Edukasi Sarah.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved