Breaking News:

Tahun 20121, BPOM Palembang Sediakan Kuota Izin Edar untuk UMKM Berdiskon 50 Persen

"Banyak UMKM yang hanya mengurus produknya sebatas P-IRT, padahal mengurus izin edar BPOM juga mudah, terjamin dan terukur," ujarnya, Kamis (7/1/2021)

Penulis: maya citra rosa | Editor: aminuddin
Tahun 20121, BPOM Palembang Sediakan Kuota Izin Edar untuk UMKM Berdiskon 50 Persen
maya citra rosa
BPPOM : Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang, Yosef Dwi Irwan. (SRIPOKU.COM/MAYA CITRA ROSA)

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-  "Siap-siap tahun 2021 ini akan ada kuota sekitar 80 UMKM yang dapat mendaftarkan izin BPOM, kita akan mengarahkan tanpa dipungut apa pun," kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang, Yosef Dwi Irwan.

Menurutnya, syarat dan dokumen yang diberikan untuk izin edar bagi UMKM sudah sangat dipermudah, ditambah dengan adanya potongan biaya administrasi, dan pengujian lab secara gratis.

Dikatakan, masih sedikit pemilik usaha Mikro Kecil dan me nengah (UMKM) di Sumsel yang mengurus izin edar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Padahal Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) sudah mempermudah dan memberikan diskon 50 persen bagi UMKM yang ingin membuat izin edar produknya.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang, Yosef Dwi Irwan, mengatakan, tahun 2020 lalu masih sedikit UMKM yang memahami bahwa izin edar juga dapat dilakukan di BPOM.

Selama ini banyak UMKM yang hanya mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang dikeluarkan dari dinas kesehatan.

Padahal jika UMKM mau memiliki kualitas produk yang terjamin, dapat mengurus izin edar MD atau singkatan dari Makanan Dalam yang dikeluarkan oleh BPOM.

"Banyak UMKM yang hanya mengurus produknya sebatas P-IRT, padahal mengurus izin edar BPOM juga mudah, terjamin dan terukur," ujarnya, Kamis (7/1/2021).

Tahun 2020 lalu, sudah ada sekitar 80 UMKM yang mendaftarkan produknya dan telah melakukan uji laboratorium untuk mendapatkan izin edar.

Pada tahun 2021 ini, BPOM Palembang juga sudah mulai melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat yang bergerak di bidang UMKM untuk mendaftarkan produknya.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved