Breaking News:

Formalin dan Boraks Menurun di Kota Palembang

Oleh karena itu, BBPOM Palembang bersama para kepala sekolah berkomitmen untuk membuat program Jajanan Anak Sekolah, Desa Pangan Aman, dan Pasar Aman

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang memastikan bahwa makanan yang mengandung formalin dan boraks relatif kecil ditemukan. 

Bahkan selama setahun terakhir penemuan tersebut mulai berkurang. 

Kepala BBPOM Kota Palembang, Yosef Dwi Irwan, S.Si, Apt mengatakan akhir-akhir ini memang terdapat penurunan formalin dan boraks, begitu juga dengan bahan pewarna makanan. 

Namun, masih ada saja penggunaan formalin dan boraks baik di lingkungan rumah tangga, pasar maupun sekolah. 

Terutama bagi lingkungan sekolah, jajanan anak sekolah yang harus dijaga, sehingga anak-anak tidak terpapar makanan yang berformalin, boraks atau pewarna berbahaya. 

"Pewarna makanan ada beberapa, tapi relatif kecil tapi tidak bisa mengkoordinir semuanya, apalagi makanan anak-anak yang harus dijaga jangan sampai terpapar makanan yang mengandung pewarna makanan," ujarnya. 

Oleh karena itu, BBPOM Palembang bersama para kepala sekolah berkomitmen untuk membuat program Jajanan Anak Sekolah, Desa Pangan Aman, dan Pasar Aman.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan pengamanan pangan sangat penting, terutama dalam masa pandemi ini, berkurangnya sidak ini dikhawatirkan akan memperbanyak penemuan makanan berpengawet. 

Namun BBPOM Kota Palembang saat ini banyak berkontribusi untuk mengamankan pangan yang ada di Kota Palembang. 

"Sidak yang mulai berkurang, namun BBPOM tetap mengawasi makanan terutama ada di pasar dan jajanan anak-anak sekolah," ujarnya. 

Menjelang sekolah tatap muka, menurutnya, memang sangat penting untuk mempersiapkan kantin dan lokasi jajanan anak sekolah yang higenis dan aman. 

"Kita persiapkan untuk jajanan anak-anak kita tetap aman," ujarnya. 

Penulis: maya citra rosa
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved