Tentang Puasa

Hadis Berpuasalah Maka Kamu Akan Sehat Ternyata Dhaif atau Lemah, Tapi Dokter Justru Menganjurkan

Husain bin Abdullah bin Dhamirah dinilai dan dipandang sebagai pendusta oleh Imam Malik, sehingga disebut sebagai hadis dhaif

Editor: Hendra Kusuma
Ist/handout
Hadis Berpuasalah Maka Kamu Akan Sehat Ternyata hadis dhaif atau Lemah, Tapi Dokter Justru Menganjurkan 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Meski berpuasa memang sangat penting untuk kesehatan, namun bagi kita umat Islam wajib mengetahui bahwa hadis yang menyatakan Puasa itu membuat Sehat ternyata merupakan hadis dhaif atau lemah.

Arti Puasa bermanfaat untuk kesehatan atau ungkapan Hadis Berpuasalah Maka Kamu Akan Sehat secara hukum dalam Hadis cukup lemah.

Namun, meski sumber atau hadis dhaif, namun hasil penelitian medis membuktikan Puasa dan Puasa Senin Kamis memang memang miliki khasiat bagi kesehatan.

Tetapi pesan lain yang tak kalah penting adalah pesan dari Nabi Muhammad SAW, bahwa Puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim terutama Puasa di Bulan Ramadhan, sementara Puasa Senin Kamis dianjurkan bagi muslim, karena seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain mendapatkan pahala berlipat, Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa karena wujud syukur dan pengabdiannya kepada Allah SWT.

Artinya Nabi Muhammad SAW iklas menjalankan pengabdian dan bukti kecintaannya kepada Allah SWT dengan berpuasa, termasuk Puasa Senin Kamis.

Padahal jika melihat beberapa hadis dan ayat Al Quran, Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang dijamin kenabiannya dan ketaqwaannnya sehingga masuk Surga, tetapi Rasul SAW lantasn tidak berpangku tangan dan mengabaikan ibadah. Dia tetap beribadah dengan tulus ikhlas.

Untuk lebih jelasnya mengapa Hadis yang menunjukkan jika Puasa Itu Sehat ternyata dhaif tetap Dokter dan Ulama tetap mengajurkan karena memang baik untuk menjaga kesehatan, maka berikut ini penjelasannya, termasuk dalil tentang hadis dhaif dibahas khusus di akhir naskah berikut ini:

Manfaat Puasa dan Puasa Senin Kamis

Ibadah Puasa Senin Kamis menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi kita umat Islam, karena Puasa Senin Kamis sangat dianjurkan oleh Nabi Muahmmad SAW.

Selain untuk menunjukkan dan meningkatkan pengabdian kita kepada Allah SAW, Puasa Senin Kamis memberikan banyak manfaat bagi yang rutin melaksanakannya.

Meningkatkan ketaqwaan, Puasa Senin Kamis juga memberikan hikmah dan berkah bagi tindakan sehari-hari, amal perbuatan dan Kesehatan.

Yakinlah Puasa Senin Kamis akan membuat kondisi tubah anda lebih sehat dari orang-orang yang jarang atau tidak sama sekali melaksanakannya.

Sejumlah penelitian pendapat para ahli pun sudah menjelaskan bagaimana hikmah Puasa Senin Kamis bagi kesehatan.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved