Breaking News:

Kemenpan RB RI Buka Lowongan untuki P3K Tahun Ini, tak Seperti PNS yang Ada Uang Pensiun

Secara umum, PNS dan P3K tidak memiliki perbedaan berarti mulai dari gaji, Nomor Induk Pegawai (NIP) dan formasi selama ia bekerja.

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Refly Permana
ho/sripoku.com
Ilustrasi gaji. 

Tak Ada Gaji Pensiun Bagi P3K 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara atau KemenPAN-RB membuka pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di tahun ini. 

Namun, apakah ada beda status dan tupoksi antara Aparatur Sipil Negara (ASN) dan P3K, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional VII menyebutkan bahwa dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN)  Nomor 5 Tahun 2014, PNS dan PPPK termasuk dalam peraturan ini. 

Kepala BKN Kantor Regional VII, Agus Setiadi, mengatakan untuk PNS mereka punya formasi dan tugas semuanya yang telah diketahui selama ini.

Remaja Pria Asal Kertapati Palembang Ini Hilang Motor, Padahal Motor Sudah Dikunci Stang

Secara umum, PNS dan P3K tidak memiliki perbedaan berarti mulai dari gaji, Nomor Induk Pegawai (NIP) dan formasi selama ia bekerja.

"Tapi P3K berdasarkan kinerja kontrak yang dibuat tahun dengan pejabat pembinaan kepegawaian. Dia tidak dapat gaji pensiun seperti metode pensiunan untuk PNS," jelasnya, Sabtu (3/10/2020)

Makanya, kata Agus, saat ini di sejumlah daerah asuransi jiwa seperti Taspen life, BNI life menjalin kerjasama Pemda, dimana menawarkan apakah Pemda yang bersangkutan mau menambahkan jaminan kesehatan begitu juga untuk pensiunnya. 

Oknum ASN di Kemuning Palembang Digerebek Lagi Pesta Narkoba, Seminggu Sekali Pasti Beli Sabu

"Mengenai besarannya saya kurang tahu, namun itu juga disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. Harusnya, mereka yang statusnya P3K lebih disejahterakan. Tapi sekarang seperti dipaksakan untuk dibayarkan gajinya.

Apalagi P3K tak bisa ke luar instansi," jelasnya

Dalam proses rekrutmen PPPK, BKN tidak ikut serta karena sepenuhnya dilakukan oleh Pemda yang bersangkutan.

"Kita hanya rekrutmen ASN saja," katanya. 

Faktanya Jumlah Uang Gaji PNS Rozak yang tak Diambil Sejak Ayu Ting Ting Jadi Artis Diungkap Syifa

Sebagai informasi, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan dan diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ini.

Untuk melakukan pengadaan, instansi pemerintah harus melakukan pemetaan dan penyusunan jumlah dan jenis jabatan PPPK berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang diperinci per 1 (satu) tahun berdasarkan prioritas kebutuhan.

"Terkait penggajian apakah sama dengan ASN besarannya kita belum dapat info lebih lanjut," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved