Breaking News:

Mendaki Gunung Dempo

Meresapi Jalur Jarai Pendakian Gunung Dempo Pagaralam yang Masih Perawan, Indah dan Menawan Hati (1)

Setelah mendaki sejauh 480 meter, kami berjumpa dengan tiga pondok lagi yang berbatasan langsung dengan pintu rimba Jalur Pendakian Jarai Gunung Dempo

dokumen pribadi
Rute Pendakian Jalur Jarai Gunung Dempo 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Saat Subuh telah beralih pagi, kami (Erwin Wigwam, Jemmie Hutan Tropis, Okky Wigwam, Dary Wigwam, Jeri, Baim, dan Fuad) telah merapikan kembali isi ransel untuk memulai pendakian melalui Jalur Pendakian Jarai menuju Puncak Merapi Gunung Dempo dari kediaman Pak Rus lameri (Mang Meri) di Talang Kayu Manis pada ketinggian 1434 mdpl.

Pagi itu kami menyantap sarapan pagi berupa singkong rebus yang dilumuri gula aren dengan sebutan ubal-ubal sambil menyeruput kopi robusta yang dibarengi senda gurau dengan keluarga Mang Meri.

Pukul 09.41, Minggu 30 Agustus 2020, kami memulai pendakian dengan mengikuti sudut kompas 30 derajat.

Masing-masing dari kami membawa air dua liter, karena berdasarkan informasi, kami baru dapat berjumpa kembali dengan sumber air di jalur pendakian yang cukup jauh.

Ingin Mendaki Gunung di Tengah Pandemi Covid-19, Perhatikan CHSE Anda, Berikut Syarat-syaratnya

Dalam perjalanan dari rumah Mang Meri, kami melewati perkebunan kopi dengan buahnya yang sangat lebat hasil stek dan kebetulan saat itu sedang masa petik.

Setelah mendaki sejauh 480 meter, nyatanya kami berjumpa dengan tiga pondok lagi yang berbatasan langsung dengan pintu rimba Jalur Pendakian Jarai Gunung Dempo.

Di halaman pondok kami berhenti sejenak sambil berkenalan dengan keluarga yang menempati pondok-pondok tersebut, yakni keluarga Mang Kasman.

Di situ kami dikenalkan dengan hasil kerajinan tangan dari biji buah hutan yang namanya Jenetri.

Pada punggungan yang sama, kami melanjutkan perjalanan.

Wing Back Sriwijaya FC Derry Herlangga dan Istri Rayakan HUT Ke-75 RI dengan Mendaki Gunung Guntur

Tidak lama setelah meninggalkan pon dok Mang Kasman, kami berjumpa dengan Pintu Rimba punggungan Jalur Jarai Gunung Dempo yang berada pada titik ketinggian 1621 mdpl dengan titik koordinat 35,1 dan 92,7 MGRS.

Halaman
123
Editor: aminuddin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved