Breaking News:

Berita Muaraenim

SIBA PTBA Panen Perdana Bunga Rosella, Diolah Menjadi Sirup hingga Teh

Setelah melakukan pembinaan melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR)

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Ardani Zuhri
Panen Rosella : Tampak warga melakukan panen perdana tanaman Rosella oleh SIBA Rosella di Desa Lingga. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Setelah melakukan pembinaan, melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) di bidang Sentra Industri Bukit Asam (SIBA), akhirnya berhasil melakukan panen perdana bunga Rosella di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Minggu (22/8/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Manajer kemitraan CSR PTBA Listati, Perwakilan Satker Humas Herman Ucok dan Didi Priyono.

Hadir juga dalam kesempatan itu Pengurus SIBA Rosella, Dian Afriana, Nesti Gestonaini, Kepala Desa bersama sejumlah perangkat Desa Lingga dan Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Menurut Ketua SIBA Rosella, Dian Afrian bahwa untuk pengembangan pengelolaan Rosella ini, pihaknya telah menanam 1.500 batang Rosella di Desa Lingga yang mulai ditanam pada tanggal 1 juni 2020 yang lalu.

Dan dalam waktu sekitar tiga bulan ini, yang sudah bisa dipanen dari 1.500 batang tersebut sekitar 100 batang, karena panennya dilakukan secara bertahap.

CSR PTBA ikuti Lomba Program Kampung Iklim Tingkat Nasional

 

Perang Lawan Corona, PTBA Kucurkan Lebih dari Rp 14,5 Miliar

Dari 100 batang Rosella tersebut bisa menghasilkan sekitat 30-40 kg Rosella segar yang akan dikelolah menjadi berbagai olahan produk dan dari hasil panen ini bunga rosella dapat diolah menjadi 300 botol sirup Rosella ukuran 250 mililiter (ml).

Dijelaskan Dian, terhitung sejak Februari sampai Agustus 2020, SIBA Rosella telah berhasil memproduksi 3.500 botol sirup Rosella, 4.000 teh celup Rosella dalam kemasan kotak dan 2.000 dalam kemasan pouch.

Pengelolaan Rosella ini bisa menjadi peluang usaha yang memiliki prospek bagi masyarakat terutama bagi ibu-ibu yang selama ini hanya di rumah saja, sekarang jadi punya kegiatan positif yang menghasilkan uang, apalagi dimasa pandemi seperti saat ini.

Masih dikatakan Dian bahwa bunga Rosella ini kaya akan manfaat terutama terdapat kandungan vitamin yang baik untuk tubuh.

Dimana Rosella ini bisa untuk meningkatkan imunitas.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved