Breaking News:

Grab Ajak UMKM Melek Digitalisasi Beri Sumbangsih Rp643 Miliar Perekonomian Palembang

Aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, Grab, hari ini mengumumkan program #TerusUsaha

Editor: Sudarwan
IBTimes Singapore
Logo Grab. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, Grab, hari ini mengumumkan program #TerusUsaha yang siap menjadi solusi  dalam percepatan transformasi digital ratusan ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang.

Richard Aditya, Head of West Indonesia Grab Indonesia mengatakan, berdasarkan riset dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, gig workers termasuk UMKM, di empat layanan yakni GrabBike, GrabCar, GrabFood, dan GrabKios secara keseluruhan sudah berkontribusi sebesar Rp643 miliar pada perekonomian Palembang  pada tahun 2019.

Tiga hal ini menunjukkan, pentingnya digitalisasi dan pembinaan untuk mendorong UMKM berkembang, karena kontribusi ekonominya yang sangat signifikan bagi kota Palembang.

Aditya mengatakan sebagai program yang mendukung inisiatif #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah pusat, program terus usaha mencakup 5 (lima) solusi, termasuk akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, iklan gratis untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan, serta aplikasi khusus untuk digitalisasi usaha.

Selain itu, Grab juga meluncurkan microsite www.grabforgood.id yang dirancang khusus bagi UMKM yang menjadi wadah mencari ilmu dan inspirasi agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Aditya menjelaskan komitmen Grab dalam mendorong bisnis kecil dan tradisional untuk merangkul teknologi agar tidak tertinggal dalam era digital dan UMKM harus terus berusaha di saat pendemi seperti ini. Dia juga mengajak masyarakat aktif menggunakan aplikasi Grab karena satu pesanan pelanggan saja membuat banyak usaha terbantu.

Misalnya saja pelanggan mamanfatakan layanan pesan antar ikan, maka mata rantainya akan melibatkan driver grab, juga nelayan, rumah makan dan pengguna terbantu  dengan adanya order tersebut.

Pekerja lepas dan UMKM menjadi kunci utama untuk memastikan masyarakat dapat mempertahankan mata pencaharian mereka, terutama dalam periode ekonomi yang kian menantang pada masa mendatang. Namun, masa krisis ini juga memperlihatkan bagaimana UMKM dapat menjadi amat rentan.

Program #TerusUsaha yang merupakan bagian dari komitmen jangka panjang GrabForGood ini kami hadirkan di Palembang untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas, dan jangkauan bagi UMKM serta individu dalam menyambut masa depan ekonomi digital, agar ekonomi kota juga dapat terjaga," ujarnya saat paparan via webminar, Kamis (16/7/2020).

Aditya menjelaskan ada lima solusi yang dihadirkan grab untuk membantu transformasi digital UMKM Palembang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved