Nadiem Makarim Keluarkan Kebijakan Keringanan Pembayaran UKT Mahasiswa

Nadiem mengatakan kebijakan tersebut adalah jawaban dari Kemendikbud terhadap aspirasi mahasiswa yang selama ini kesulitan membayar biaya kuliah

Editor: adi kurniawan
Istimewa/handout
Mendikbud Nadiem Makarim 

SRIPOKU.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan yang mengatur keringanan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa di tengah pandemi Covid-19 melalui Peraturan Mendikbud Nomor 25 Tahun 2020.

Nadiem mengatakan kebijakan tersebut adalah jawaban dari Kemendikbud terhadap aspirasi mahasiswa yang selama ini kesulitan membayar biaya kuliah di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Mereka meminta apakah ada arahan dari Kemendikbud untuk meringankan beban UKT mereka. Dan ini adalah jawaban bagi mahasiswa-mahasiswa tersebut," ujar Nadiem saat konferensi pers secara daring, Jumat (19/6/2020).

 

Nadiem mengatakan kebijakan ini dibuat untuk membantu mahasiswa dari ancaman tidak bisa meneruskan perkuliahan akibat masalah ekonomi.

Kapolres Muaraenim Kunker ke 3 Polsek Berikan APD dan Vitamin C, Ini 3 Amanat yang Disampaikannya

Meskipun Satu Santri Pondok Pesantren Positif Covid-19, Namun Pagaralam Tetap Masih Zona Hijau

Tambahan 84 Kasus Covid-19 Sumsel, 78 Palembang, PALI 2, Mura Banyuasin Muarenim Muba 1 Kasus

"Sehingga mereka masih bisa lulus, masih bisa melanjutkan perkuliahan mereka, dan tidak rentan drop out," ucap Nadiem.

Mantan CEO Gojek ini mengaku mendapatkan laporan dari kelompok mahasiswa, dosen, dan pihak universitas terkat kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini.

Banyak mahasiswa yang ekonomi orang tuanya terdampak oleh pandemi. Di sisi lain mereka menjalani perkuliahan di rumah yang membutuhkan dana untuk membeli paket.

Hal ini berimbas pada kemampuan untuk membayar UKT.

"Kami mendapat berbagai macam tanggapan, berbagai macam input dari grup mahasiswa, grup dosen dan grup-grup lainnya yang telah menceritakan betapa besarnya beban bagi banyak sekali mahasiswa," kata Nadiem.

Seperti diketahui, melalui Peraturan Mendikbud Nomor 25 Tahun 2029 universitas boleh menyesuaikan UKT bagi mahasiswanya sesuai kondisi ekonomi mahasiswa.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved