Mengapa Orang Lanjut Usia Rentan terhadap Penyakit Infeksi? Ini Penjelasan Ahli

Lansia secara umumnya mengalami perubahan fungsi fisiologis semua organ pada tubuh, yang terjadi akibat dari proses penuaan dan kekebalan tubuh mereka

worldofbuzz.com
Ilustrasi - Orang yang berusia di atas 60 tahun atau lanjut usia (geriatri) termasuk kelompok rentan penularan penyakit infeksi. 

SRIPOKU.COM - Orang yang berusia di atas 60 tahun atau lanjut usia (geriatri) termasuk kelompok rentan penularan penyakit infeksi.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Siloam Denpasar, Dr dr I Nyoman Astika SpPD-KGer.

Dijelaskan oleh Nyoman, lansia secara umumnya mengalami perubahan fungsi fisiologis semua organ pada tubuh, yang terjadi akibat dari proses penuaan dan kekebalan tubuh mereka telah menurun.

Rentan Infeksi, Inilah 3 Rekomendasi Vaksin Untuk Lansia: Influenza hingga Herpes Zoster

Inilah 6 Zodiak Tahu Cara Mencintai yang Benar: Cancer Sangat Peduli, Taurus Paling Setia,

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

"Penurunan status fungsional pada orang lanjut usia seringkali menyebabkan kondisi lebih buruk dan masa perawatan di rumah sakit lebih lama," kata Nyoman dalam diskusi daring bertajuk Kekebalan Tubuh Lansia dan Vaksin Influenza, Sabtu (13/3/2020).

Pasalnya, penurunan status fungsional organ tubuh bisa memicu penyakit tertentu pada organ terkait. Ini berimplikasi pada kondisi tubuh lansia yang semakin kurang berenergi karena sistem kekebalan tubuh menurun.

Selain itu, penyakit organ tubuh tertentu yang diderita lansia juga umumnya akan membutuhkan perawatan dan terapi pengobatan yang lebih intensif oleh para ahli medis, baik mandiri di rumah maupun dirawat di rumah sakit.

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Penurunan fungsional organ tubuh dan menurunnya sistem kekebalan tubuh itulah yang berperan penting terhadap mudah atau rentannya lansia terpapar penyakit infeksi.

Bahkan, infeksi yang terjadi pada lansia memiliki dampak buruk berupa peningkatan morbiditas (kesakitan), mortalitas atau angka kematian, dan juga kondisi lainnya pada individu lansia yang terinfeksi tersebut.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved