Jangan Terkecoh, Inilah 6 Hal Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung: Lesu, Pusing Hingga dan Muntah

Penderita diabetes yang telah mengalami penumpulan sensor saraf, kemungkinan tidak terlalu merasakan sakit saat terkena serangan jantung

SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Gejala penyakit jantung yang paling umum diketahui adalah muncul nyeri dada sebelah kiri. Namun, tidak semua penderita penyakit mematikan ini akan mengalami gejala tersebut. 

SRIPOKU.COM - Gejala penyakit jantung yang paling umum diketahui adalah muncul nyeri dada sebelah kiri.

Namun, tidak semua penderita penyakit mematikan ini akan mengalami gejala tersebut.

Misalnya saja, penderita diabetes yang telah mengalami penumpulan sensor saraf, kemungkinan tidak terlalu merasakan sakit saat terkena serangan jantung akibat penyakit jantung.

Kenali Tanda-tanda Penyakit Jantung Berikut Ini

Ramalan Bintang Keuangan Selasa 9 Juni 2020: Hadiah Besar Segera Menghampiri Cancer

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Penyakit jantung bahkan bisa ditandai dengan gejala-gejala serupa penyakit lain yang tak berbahaya, sehingga bisa mengecoh para penderitanya.

Gejala penyakit jantung yang kerap tak disadari
Ahli intervensi jantung dan pembuluh darah FK Unpad-RSUP Hasan Sadikin, Dr. A. Fauzi Yahya, Sp.J.P. (K), FIHA, dalam bukunya Menaklukkan Pembunuh No. 1 (2010), mengungkap pada dasarnya serangan jantung yang disebabkan penyakit jantung adalah penyakit akibat peradangan.

Hal ini dibutikan dengan penemuan sejumlah sel radang, seperti limfosit, mastosit, dan marofag dengan jumlah banyak dalam plak pembuluh darah koroner yang tersumbat.

Proses peradangan ini pun tidak hanya terjadi secara lokal di jantung, tapi juga secara sistemik.

Hal itu terbukti dengan penemuan berbagai tanda peradangan yang berkeliaran di dalam pembuluh darah, seperti peningkatan jumlah sel leukosit (darah putih) dan kehadiran C-reactive protein (CRP).

Peradangan itulah yang membuat penderita serangan jantung merasakan beberapa gejala yang bisa mengecoh karena mirip dengan gejala penyakit lain.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved