Inilah Langkah Pencegahan Covid-19 bagi Penderita Jantung

Seseorang dengan kondisi kesehatan yang mendasari dan penyakit bawaan bukan hanya lebih rentan terinfeksi Covid-19, tapi juga lebih parah.

Google
Ilustrasi - Penyakit Jantung. 

SRIPOKU.COM - Seperti yang diketahui, bahwa seseorang dengan kondisi kesehatan yang mendasari dan penyakit bawaan bukan hanya lebih rentan terinfeksi Covid-19, tapi juga lebih parah.

Begitu pun, mereka yang memiliki penyakit jantung.

Menurut dr. Siska Suridanda Dhany, Sp.Jp, penderita jantung membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah tertular Covid-19.

Tes Kepribadian: Pilih Satu Gambar Pemandangan yang Mendefinisikan Rasa Nyaman

Depresi Tingkatkan Risiko Kematian Penderita Jantung

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

"Individu dengan penyakit jantung memiliki risiko penularan yg tidak jauh berbeda dengan populasi pada umumnya," kata dr. Siska saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (5/6/2020) sore.

"Namun, jika seseorang yang sudah mempunyai penyakit jantung lalu terkena infeksi Covid-19, biasanya akan lebih berat dan lebih tinggi risiko kematiannya. Sehingga mereka harus benar-benar menjaga kondisinya agar tidak tertular."

Lebih lanjut, dokter spesialis jantung di RS Harapan Kita, Jakarta itu menyebut ada beberapa langkah yang dapat ditempuh bagi penderita jantung untuk mencegah Covid-19.

"Saya sarankan penerapan jarak sosial (social distancing) yang lebih ketat," tutur dia.

Ia juga mengingatkan agar mereka yang memiliki penyakit jantung tetap melakukan perawatan rutin terhadap kondisi jantung mereka.

"Obat-obatan untuk jantung diupayakan tetap dikonsumsi seperti biasa," kata dr. Siska.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved