Berita Palembang

Palembang Luncurkan Teman Bus untuk Transportasi Publik, Lebih Canggih, Ini Syarat untuk Naiknya

Pengoperasian TEMAN BUS ini menjadi layanan pertama di Kota Palembang dalam program Buy The Service (BTS) dan bekerja sama dengan Transmusi.

SRIPOKU.COM/Rahmaliyah
Teman Bus bantuan yang diberikan Kementerian Perhubungan dalam program Buy The Service (BTS) untuk transportasi publik di Kota Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan transportasi perkotaan berbasis jalan yaitu TEMAN BUS.

Pengoperasian TEMAN BUS ini menjadi layanan transportasi pertama di Kota Palembang dalam program Buy The Service (BTS) dan bekerja sama dengan PT Transmusi Palembang Jaya.

TEMAN BUS hadir sebagai Angkutan Bus Rapid Transit (BRT) untuk penunjang mobilisasi masyarakat yang terintegrasi dengan layanan angkutan massal LRT.

Kepala seksi angkutan massal, Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Hadi Setiadi mengatakan, Layanan TEMAN BUS dibutuhkan karena melihat kondisi layanan angkutan umum di wilayah perkotaan yang perlu penanganan lebih baik dan berkelanjutan

"disamping itu juga merespon kebutuhan masyarakat perkotaan dan tuntutan perbaikan lingkungan karena perubahan iklim yang sudah di depan mata,” jelasnya.

Lanjutnya, TEMAN BUS merupakan langkah awal implementasi dari program Buy The Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh terhadap biaya operasional layanan yang dilaksanakan oleh Operator dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Standar pelayanan inilah yang menjadi acuan pelayanan operator untuk layanan yang lebih baik kepada masyarakat, sehingga diharapkan lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi publik.

“ini kita gratiskan hingga Desember guna membantu masyarakat yang masih harus bekerja di tengah pandemi saat ini dengan bus yang lebih aman nyaman, selamat dan bus akan ada di halte setiap 10 menit sekali," jelasnya.

Menurut Hadi, penumpang cukup menyiapkan kartu non tunai, dan buka aplikasinya untuk melihat rute, jadwal dan posisi bus secara real time, jadi penumpang lebih mudah dalam mobilisasi di kawasan perkotaan

Butik CHF Fashion Jadikan Demam Drakor untuk Membuka Usaha Menjual Busana Asal Korea dan Jepang

Bunga Aglonema Sedang Tren dan Diburu Para Pecinta Bunga di Kabupaten Muaraenim

Curhat di Facebook, Istri Seorang Penarik Becak di Prabumulih Kesal Swab Suami tak Kunjung Keluar

TEMAN BUS di Kota Palembang sebanyak 45 unit, dengan rute layanan di 3 koridor, yaitu Koridor 1 Terminal Alang Alang Lebar – Dempo, Koridor 2 Asrama Haji - Terminal Sako dan Koridor 3 Terminal Plaju - Pasar Induk Jakabaring.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved