Breaking News:

POLEMIK Ruangguru yang Dimiliki Investor Singapura, Ini Komentar CEO Ruangguru Belva Devara

Founder sekaligus CEO Ruangguru, Belva Devara, tidak menyangkal bahwa Ruangguru merupakan perusahaan penanaman modal asing (PMA) asal Singapura.

Editor: Welly Hadinata
Instagram/@belvadevara
Belva Devara CEO Ruangguru 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Ruangguru tengah jadi polemik. Perusahaan rintisan teknologi pendidikan itu jadi sorotan setelah ditunjuk sebagai mitra penyelenggara pelatihan Kartu Prakerja 2020.

Keterlibatan Skill Academy yang dimiliki Ruangguru di program Kartu Pekerja disorot karena salah satu pendirinya, Adamas Belva Syah Devara, mundur dari posisinya sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo.

Status startup ini yang dinilai merupakan perusahaan asing giliran dipersoalkan. Karena perusahaan asing, Ruangguru dinilai tak berhak mengelola pelatihan Kartu Prakerja program pemerintah.

Founder sekaligus CEO Ruangguru, Belva Devara, tidak menyangkal bahwa Ruangguru merupakan perusahaan penanaman modal asing (PMA) asal Singapura.

Namun dia membantah jika mayoritas sahamnya dimiliki oleh investor Singapura.

"Tidak benar (mayoritas saham dimiliki investor Singapura). Ya Ruangguru Pte Ltd yang di Singapura ya punya saya juga, kami juga punya pegawai di Singapura," tegas Belva seperti dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (22/4/2020).

Sebanyak 99,99 persen saham PT Ruang Raya Indonesia dimiliki oleh Ruangguru Pte Ltd. Ruangguru Pte Ltd beralamat di 6 Battery Road #38-04, Singapura, 049909. "Selain di Singapura, kami juga ada ratusan pegawai di Vietnam dan juga di Thailand. Semuanya punya saya, anak muda kebangsaan Indonesia," kata Belva.

Belva Devara tak tercatat sebagai pemegang saham

Mengutip Kontan.co.id, Rabu (22/4/2020), berdasarkan data profil perusahaan dari Administrasi Hukum Umum (AHU) dari Kementerian Hukum dan HAM, badan hukum Ruangguru bernama PT Ruang Raya Indonesia.

Mengacu pada surat pengesahan anggaran dasar pada 17 Maret 2020, Ruang Raya Indonesia tercatat sebagai perusahaan penanaman modal asing (PMA). Ruang Raya Indonesia memiliki modal dasar Rp 2 triliun.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved