Bacaan Niat & Tata Cara Shalat Idul Fitri (Id) 1441 Sendiri di Rumah Lengkap Bacaan Takbir Hari Raya

Masih situasi pandemi maka demikian, seperti ibadah Tarawih yang dilakukan sendiri di rumah, begitu pun Shalat Idul Fitri bisa dilaksanakan di rumah

Penulis: Tria Agustina | Editor: Welly Hadinata
sripoku.com/anton
ilustrasi shalat sendirian 

SRIPOKU.COM - Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. 

Ditandai dengan berakhirnya bulan Ramadan, bulan puasa yang penuh berkah selama satu bulan dan tibalah hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Perayaan Ibadah ini biasanya dilakukan dengan berkunjung ke sanak keluarga ataupun tetangga, mudik, hingga membuat makanan seperti ketupat dan kue khas lebaran.

Kementerian Agama mengeluarkan panduan ibadah Ramadhan semasa wabah COVID-19 bagi warga Muslim sebagai bagian dari upaya mengurangi risiko penularan virus corona.

Panduan pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah tersebut dituangkan dalam Surat Edaran No.6 Tahun 2020.

“Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat Muslim di Indonesia dari risiko penularan COVID-19,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Senin.

Berkenaan dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau di lapangan, kementerian mengharapkan Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa menjelang Idul Fitri.

Surat edaran Kementerian Agama juga menyebutkan bahwa kegiatan shalat tarawih keliling dan takbiran keliling ditiadakan. Kegiatan takbiran cukup dilakukan di masjid/musala dengan menggunakan pengeras suara.

Kegiatan pesantren kilat Ramadhan dan silaturahim pada Hari Raya Idul Fitri disarankan dilakukan melalui media sosial atau telekonferensi.

Maka demikian, seperti ibadah Tarawih yang dilakukan sendiri di rumah, begitu pun Shalat Idul Fitri bisa dilaksanakan di rumah.

Bacaan (Lafaz) Takbir Hari Raya Idul Fitri 1441 Sendiri di Rumah Lengkap Tulisan Arab, Latin & Arti

Dikutip dari Risalah Tuntunan Shalat Lengkap Kementerian Agama Sumatera Selatan, Shalat Hari Raya ada dua, yaitu hari raya Fithrah tanggal 1 Syawal dan pada hari-hari raya Adl-ha tanggal 10 Dzul Hijjah.

Waktu shalat 'id dimulai dari terbit matahari sampai tergelincirnya.

Kedua shalat hari raya tersebut, hukumnya sunnat muakkad bagi laki-laki dan perempuan, mukim atau musafir.

Boleh dikerjakan sendirian dan sebaiknya dilakukan berjama'ah. 

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved