Berita Palembang

Bantu Screening Pasien Covid-19, Lanal Palembang Berikan Bantuan Tenda dan Velbed

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang mengirimkan bantuan berupa tenda serbaguna yang nantinya bisa digunakan sebagai screening pasien.

SRIPOKU.COM/Odi Aria Saputra
Anggota Lanal Palembang yang mendirikan tenda di depan RS Hermina Jalan Basuki Rahmat Palembang, Jumat (9/4). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Ditengah keprihatinan wabah Corona Virus Disease atau Covid-19 yang hingga saat ini belum menunjukan adanya penurunan kasus di provinsi Sumsel, membuat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang mengirimkan bantuan berupa tenda serbaguna yang nantinya bisa digunakan sebagai screening pasien.

Komandan Lanal Palembang, Kolonel Laut (P) Saryanto mengatakan, selain tenda serbaguna pihaknya juga memberikan bantuan lainnya berupa velbed sebanyak lima unit.

Bantuan ini nantinya dapat digunakan para tenaga medis untuk memeriksa awal pasien sebelum masuk ke gedung utama rumah sakit.

"Jadi bantuan tenda dan velbed ini dapat dimaksimalkan oleh pihak rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan awal kepada pasien sebelum masuk ke gedung utama rumah sakit," katanya, Jumat (9/4).

Ia mengatakan, dengan dilakukannya pemeriksaan awal kepada pasien diluar gedung utama rumah sakit hal ini dapat meminimalisir dan mencegah penyebaran virus corona.

Ketika ada pasien-pasien yang dicurigai dan ditetapkan sebagai ODP dan PDP, nantinya akan mendapatkan perawatan awal di tenda tersebut sebelum dipindahkan ke ruang isolasi yang sudah disiapkan oleh pihak rumah sakit.

"Jadi tahapannya pemeriksaan lewat tenda dulu. Jadi bisa diketahui pasien yang benar-benar masuk kategori PDP dan perlu perawatan medis," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Hermina Palembang, dr Renny Puspita mengapresiasi langkah Lanal Palembang dalam memberikan bantuan dan dukungan sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona di tanah Bumi Sriwijaya.

Menurutnya, bantuan tenda dan velbed dari Lanal Palembang tersebut akan sangat membantu para petugas medis untuk melakukan pemeriksaan awal kepada para pasien yang akan berobat ke rumah sakit.

Nantinya tenda tersebut akan dilengkapi dengan beberapa alat penunjang medis, sehingga pasien-pasien yang terindikasi ODP dan PDP corona dapat ditegakkan diagnosanya sejak masuk Rumah Sakit Hermina melalui tenda tersebut.

"Ini sangat membantu dalam upaya kita dalam mengurangi kemungkinan penyebaran Covid-19 di dalam Rumah Sakit. Karena pasien lebih dulu di screening lewat tenda sebelum masuk ke rumah sakit," ungkapnya.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved