Virus Corona di Sumsel

Ketua Umum Komunitas Perantau Asal Sumsel Ini Prihatin Masih Ada yang Menganggap Sepele Virus Corona

Saat ini banyak daerah yang sudah terdampak virus corona atau corona virus disease 2019 (covid-19), bukan hanya di Jakarta tapi di Sumatera Selatan

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ, HANDOUT
Sekretaris Bidang PBN Partai PKP Indonesia, Yusmah Reza. Yusmah Reza Prihatin Masih Ada yang Menganggap Sepele Virus Corona 
Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua Umum Komunitas Perantau Asal Sumatera Selatan (KOMPASS) , Yusmah Reza, mengaku prihatin dengan masih adanya sebagian orang yang bandel dalam menyikapi penyebaran virus corona atau corona virus disease 2019 (covid-19).
Yusmah Reza mengimbau kepada masyarakat asal Sumatera Selatan untuk tidak panik serta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah agar terhindari dari virus corona atau corona virus disease 2019 (covid-19). 
 
Menurutnya, saat ini banyak daerah yang sudah terdampak virus corona atau corona virus disease 2019 (covid-19), bukan hanya di Jakarta tapi di Sumatera Selatan juga sudah mulai terdampak. 
Pemerintah sendirii telah menetapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran corona atau corona virus disease 2019 (covid-19).
 
Selain itu pemerintah telah mengimbau untuk tidak bepergian ke luar kota dan tetap berada #dirumahaja (stay at home) selama pandemi corona atau corona virus disease 2019 (covid-19).
 
"Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus corona.
Oleh sebab itu saya mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan," imbau Yusmah Reza dalam rilis yang diterima Sripoku.com, Jumat (3/4/2020).
 
Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan antara lain:
 
1. Mencuci tangan dengan benar.
Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih.
 
2. Gunakan Masker
Apabila kita sakit baik batuk ataupun bersin agar menggunakan masker sehingga orang lain tidak tertular.
3. Tidak Keluar Rumah 
Apabila tidak darurat maka sebaiknya kita hanya di rumah saja. Sesuai dengan himbauan Pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.
 
4. Jaga Jarak (Social Distancing)
Jika kita terpaksa keluar rumah maka kita harus menjaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 meter.
 
5. Makan Bergizi dan Jaga Daya Tahan Tubuh
Konsumsi makan makanan bergizi yang mengandung vitamin dan serat serta jangan lupa berolahraga serta istirahat yang cukup.
 
Sekretaris Bidang PBN Partai PKP Indonesia ini juga berpesan kepada masyarakat Sumsel yang ada di perantauan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar.
 
"Dan tetap berada di rumah tempat tinggal dimana pun berada tidak memaksakan diri untuk mudik," serunya.
 
Reza berharap dukungan dan komitmen dari masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan pemerintah serta terus mengupdate perkembangan terkait virus corona.
 
"Pemerintah sedang berupaya untuk menanggulangi wabah virus corona ini, kita memberikan dukungan dengan cara-cara tadi.
Tidak lupa saya juga berterima kasih kepada para rekan media yang berada di garda depan dalam penanganan virus ini, semoga selalu dilindungi dan diberikan kesehatan untuk membantu para korban.
Sekali lagi saya berpesan untuk seluruh masyarakat Sumatera Selatan, biarkan pemerintah bekerja dan kita mendukung dengan di rumah saja," ujarnya.
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved