Berita Palembang

PT KAI Bakal Refund atau Kembalikan Uang Tiket Penumpang, Pembatalan Bisa Dilakukan Via Online

PT KAI Bakal Kembalikan Uang Tiket Penumpang, Pembatalan Bisa Dilakukan Via Online

SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

PT KAI Bakal Refund atau Kembalikan Uang Tiket Penumpang, Pembatalan Bisa Dilakukan Via Online

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang sudah melakukan persiapan pengembalian tiket atau refund, jika pemerintah mengeluarkan imbauan untuk melarang mudik Hari Raya Idul Fitri seiring masifnya penyebaran virus corona di Indonesia.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan penerapan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket kereta api jarak jauh dan lokal akan dilakukan untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

Hal itu sesuai dengan penetapan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Pembatalan dapat dilakukan secara online di aplikasi KAI Access atau secara langsung datang ke loket pembatalan stasiun mulai 23 Maret 2020. Uang tiket akan dikembalikan," katanya, Minggu (29/3/2020).

Ia menjelaskan, untuk tiket perjalanan KA Sindang Marga, KA Sriwijaya, KA Serelo dan Rajabasa sampai saat ini data pembatalan tiket dari tanggal 16 Maret – 26 Maret 2020 terdapat 1.880 tiket yang dibatalkan atau 7% dari total tiket yang sudah dipesan 90 hari kedepan sebanyak 28.685.

" Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran virus Corona pada masa arus mudik mendatang," tegas Aida.

Selain itu, PT KAI juga akan membatalkan perjalanan Kereta Api Prabujaya relasi Stasiun Kertapati – Stasiun Prabumulih (PP) mulai 30 Maret 2020. Sebagai gantinya dalam mengakomodasi masyarakat di rute tersebut masyarakat dapat memanfaatkan Kereta Sriwijaya dan Kereta Sindang Marga dengan Promo Tarif Khusus.

Harga tarif khusus rute Kertapati - Prabumulih untuk kelas eksekutif RP45.000, Kelas Bisnis RP35.000 dan Ekonomi Premium RP25.000.
Tarif khusus juga tersedia untuk rute Lahat -Lubuklinggau dengan tarif eksekutif 45.000 dan Bisnis RP35.000.

“Selain kereta jarak jauh, sebelumnya kita juga sudah mengurangi jumlah perjalanan LRT Sumsel dari 74 perjalanan menjadi 56 perjalanan dan pembatasan jam operasional setiap harinya," ungkap Aida.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved