Berita Palembang

Stok APD di RSMH Palembang Cukup untuk Beberapa Pekan ke Depan

Rumah Sakit Umum Pusat dr. Mohammad Hoesin, mengklaim kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) cukup untuk beberapa pekan ke depan.

SRIPOKU.COM / Maya Citra Rosa
Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH, dr Harun Hudari 

Stok APD di RSMH Palembang Cukup untuk Beberapa Pekan ke Depan

Laporan Wartawan Sripoku.com Maya Citra Rosa

 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Rumah Sakit Umum Pusat dr. Mohammad Hoesin, mengklaim kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) cukup untuk beberapa pekan ke depan.

Menurut Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH, dr Harun Hudari, APD di RSMH masih cukup, jika kondisi penyebaran Virus Corona di Sumsel tidak bertambah parah.

Selain itu, APD masih cukup karena ada beberapa jenis yang tidak semua ruangan menggunakan APD, seperti ruang isolasi Borang, masuk dalam area merah yang mengharuskan dokter dan tenaga medis menggunakan APD.

"Namun bagi area kuning dan hijau tidak diharuskan untuk memakai APD lengkap, semoga kondisi tidak semakin parah, sehingga APD kita cukup," ujarnya.

Makan Hati Jadi Istri Kedua Kiwil, Kini Meggy Wulandari Kepergok Banting Tulang Demi Sambung Hidup!

 

Pandemi Virus Corona, Kemenag Sudah Siapkan Dua Skenario Ibadah Haji 2020

Sumsel yang saat ini masuk dalam daerah terjangkit dengan penemuan kasus positif Virus Corona satu orang, dan pemerintah Provinsi Sumsel telah menetapkan status Siaga Tanggap Darurat Virus Corona.

Sebelumnya, Sumsel mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 30 buah perlengkapan APD dari jumlah 105.000 yang dibagikan seluruh Indonesia, dengan prioritas wilayah Jawa dan Bali, sedangkan pemerintah daerah di luar itu diminta menyediakan secara mandiri.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku jumlah yang diberikan pusat tersebut sangat jauh dari kata cukup, terlebih saat ini Bumi Sriwijaya statusnya telah ditetapkan sebagai wilayah siaga atau tanggap darurat Covid-19.

"Status Sumsel sudah siaga. Sementara kita hanya kebagian 30 APD, jumlah itu tentu sangat kurang," katanya, Rabu (25/3).

Kendati Sumsel hanya dapat jatah 30 APD, namun Deru tak ingin berkecil hati.

Untuk mengatasi kekurangan perlengkapan bagi tenaga medis itu, pihaknya akan menggunakan sarung tangan plastik dan jas hujan apabila memang dalam keadaan darurat.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved