Virus Corona

10 Tenaga Medis Menangani Pasien Positif Corona dan 4 Keluarganya Masuk Kategori ODP Perlu Isolasi

14 orang yang berinteraksi dengan seorang pasien asal Palembang positif terpapar virus corona masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP).

STOCKTREK IMAGES/GETTY IMAGES/HANDOVER
Selain obati Virus Corona, Klorokuin atau Chloroquine obat apa? Ternyata untuk malaria, efek samping. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pasca Pemerintah mengumumkan bahwa Provinsi Sumatera Selatan terkonfirmasi memiliki satu kasus positif Covid-19, langkah - langkah preventif guna menekan penyebaran virus ini dimaksimalkan.

Status tanggap darurat pun disematkan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Disebutkan, dari dua orang Pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal belum lama ini, satu diantaranya dinyatakan positif.

Dimana Gubenur Sumatera Selatan, Herman Deru pun menegaskan, pasien tersebut berasal dari Kota Palembang.

Oleh Karenanya, Dinas Kesehatan Kota Palembang telah menetapkan 14 orang yang berinteraksi dengan seorang pasien asal Palembang positif terpapar virus tersebut masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), sehingga mereka diminta untuk melakukan isolasi diri hingga 14 hari kedepan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Ayus Astoni, mengatakan dari jumlah itu empat orang dari pihak keluarga pasien corona dan 10 orang merupakan tenaga medis.

Tersangka Curat di Prabumulih Ini Terpaksa Diberikan Tindakan Tegas di Kaki Kirinya

Kasus Corona di Sumsel 1 Positif, 2 Meninggal Dunia dan 5 PDP Masih Tunggu Hasil Lab

Cegah Penyebaran Covid-19, Pengunjung dan Anggota Polres Musirawas Harus Lewati Pos Sterilisasi

14 ODP diharuskan mengisolasi diri selama 14 hari karena telah masuk kelompok yang rentan terpapar pasca melakukan kontak.

"Sejak pasien dirawat di RSMH kami sudah melakukan pemantauan siapa saja yang kontak dengan pasien PDP. Untuk tenaga medis sendiri, mereka selama melakukan perawatan pasien sudah sesuai SOP dengan menggunakan alat pelindung diri, sedangkan empat orang keluarga pasien kondisinya saat ini masih dalam keadaan sehat," jelasnya, Selasa (24/3/2020).

Meski masih berstatus ODP, Dinkes Palembang tetap mengusulkan ke Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona Sumsel agar ke 14 ODP tersebut dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

"Begitu juga pengambilan sampel spesimen. Total jumlah PDP sesuai notifikasi Dinkes Sumsel masih ada empat orang saat ini," tutupnya.(cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved