Breaking News:

Belasan Motor dan Mobil Hasil Kejahatan Dilelang Kejari Prabumulih

"Bagi yang ikut lelang tapi tidak melihat dianggap sudah melihat, nanti pelelangan dilakukan secara online terbuka seluruh indonesia,"

TRIBUN SUMSEL/EDISON
Kajati Sumsel bersama jajaran dan Kajari Prabumulih ketika memeriksa kendaraan yang dilelang secara terbuka melalui www.lelang.go.id di halaman Kejari kota Prabumulih, Senin (9/3/2020). 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH-Belasan Motor dan Mobil Hasil Kejahatan Dilelang Kejari Prabumulih.

Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Prabumulih terhitung sejak Senin (9/3/2020) hingga Kamis (12/3/2020) resmi membuka lelang kendaraan roda dua dan roda empat yang merupakan barang bukti hasil tindak pidana yang telah inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap.

Kendaraan yang dilelang antara lain sebanyak 15 unit roda dua dan sebanyak 1 unit kendaraan roda empat yakni Honda Mobilio.

Kepala Kejari Prabumulih, Topik Gunawan SH MH didampingi Kasi Barang Bukti, Rahmad SH mengungkapkan lelang 15 motor dan 1 unit mobil itu merupakan lelang tahap pertama dan kedua akan digelar pada pertengahan tahun.

"Lelang dilakukan secara online melalui www.lelang.go.id dan mulai Senin ini dibuka, lelang dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang," bebernya.

Lebih lanjut pria yang sebelumnya bertugas di Kajari Gorontalo Utara itu menuturkan, pihaknya sengaja memajang kendaraan agar warga atau para peserta lelang bisa melihat langsung kendaraan.

"Bagi yang ikut lelang tapi tidak melihat dianggap sudah melihat, nanti pelelangan dilakukan secara online terbuka seluruh indonesia," bebernya.

Topik mengatakan, sejauh ini lelang cukup banyak diminati lantaran sudah ada sejumlah orang mengikuti dengan memasukkan uang jaminan.

"Jadikan kita pajang itu ada limitnya misal untuk mobil Honda Mobilio itu limit Rp 18,5 juta dan peserta harus membayar uang jaminan Rp 9 juta lebih atau setengah dari limit. Sejauh ini sudah ada dari Kalimantan dan daerah-daerah luar yang mendaftar," katanya.

Kejaksaan Negeri Prabumulih menuturkan dengan dilakukannya lelang itu pihaknya berharap akan mampu mengumpulkan uang ke kas negara.

"Tahun lalu kita berhasil mengembalikan uang negara hasil lelang Rp 240 juta dari 10 hingga 15 unit kendaraan. Tahun ini ada 20 unit lebih, harapan kita akan lebih banyak uangnya," lanjutnya.

Disinggung kapan lelang akan ditutup, Topik menuturkan lelang akan ditutup Kamis (12/3/2020) dan warga yang hendak ikut diharap segera mendaftar secara online.

"Bagi warga yang ingin ikut dipersilahkan mendaftar, dalam lelang ini terbuka dan kita tidak ikut campur tangan," katanya.

Pantauan Tribunsumsel.com, hari pertama dibukanya lelang disaksikan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel Dr Wisnu Baroto SH MHum.

Kajati yang melakukan kunjungan ke Kejari Prabumulih memeriksa sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang dilakukan lelang.(eds)

Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved