Breaking News:

Adv

Ganti Produk Suvenir Khas Palembang Tahun 2011 Lalu, Usaha Kecil Ika Mufidah Menuai Kesuksesan

Jenis produk kerajinan yang dibuat dan dijual Ika lewat galerinya pun beragam yaitu mulai dari gantungan kunci, gelang, kalung, topi, dompet dan tas.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Tarso
SRIPOKU.COM/Jati Purwanti
Ika Mufidah pelaku UMKM bergeak di bidang produksi suvenir Palembang saat berada di Galeri Suvenirnya, Jl. DI. Panjaitan Lorong Samarinda Nomor 117 Seberang Ulu II, Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sempat menekuni usaha di bidang kerajinan aksesoris berbahan dasar manik-manik, pita dan kain dengan nama Geleri Langit Gift pada 2011 lalu, Ika Mufidah mantap berganti produk suvenir Palembang pada tiga tahun lalu.

Produk kerajinan sebelumnya dianggap Ika telah memiliki banyak pesaing dan sedikit sulit dipasarkan.

Ternyata usahanya mengganti produk membuahkan hasil sebab kini dalam sebulan omzetnya bisa mencapai Rp20 juta.

Adapun untuk modal awal Ika hanya mengeluarkan Rp600 ribu saja.

"Sebelumnya suami saya kerja di hotel setelah saya terjun di bisnis ini saya suruh suami untuk berhenti jadi dia mensupport usaha saya sehingga jadi bisnis utama," jelas Ika, Rabu (26/2/2020).

Jenis produk kerajinan yang dibuat dan dijual Ika lewat galerinya pun beragam yaitu mulai dari gantungan kunci, gelang, kalung, topi, dompet hingga tas. Kesemua produk tersebut dikreasikan dengan kain khas Palembang yaitu kain songket dan jumputan.

Pemkot Palembang Usulkan Pelaku Usaha Rumah Makan Beromset Rp 6 Juta Dikenakan Pajak

Puslitbang Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Kinerja Polisi di Polres Muaraenim

Kobaran Api Muncul di Pemukiman Padat Penduduk Kecamatan Kayuagung, Warga Langsung Bergerak Cepat

Peminat produk kerajinan buatannya pun berasal dari berbagai kalangan dan berbagai kota di Indonesia. Produk paling diminati umumnya dompet kain dan tas kecil serta tas tangan wanita.

Untuk pemasaran produk Ika melakukannya secara daring dan melalui galeri Jl. DI. Panjaitan Lorong Samarinda Nomor 117 Seberang Ulu II, Palembang dan menyuplai beberapa outlet suvenir di kota Palembang. Selain itu, dia juga kerap pameran untuk berbagai acara nasional yang digelar di Palembang.

"Acara tersebut pesertanya nasional jadi kami bekerjasama dengan pihak hotel dan panitia utk mengikuti bazar atau pamerannya sehingga peserta tidak perlu jauh-jauh cari souvenir atau oleh-oleh," jelas Ika.

Meski berpenghasilan lumayan dari usahanya, dia mengakui juga terdapat kendala dalam berbisnis suvenir yaitu jika wisatawan yg datang ke Palembang berkurang maka omzet penjualan juga turut menurun.

"Namanya usaha pasti ada pasang surutnya. Saya akan tetap fokus pada tujuan dan terus berkarya. Rezeki pasti ada jalannya." ujar Ika.(Adv/mg3)

Biodata

Nama: Ika Mufidah
Tempat, Tanggal Lahir : Lumajang, 17 Februari 1986
Status: menikah
Alamat Usaha: Jl. DI. Panjaitan Lorong Samarinda Nomor 117 Seberang Ulu II, Palembang

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved