Berita Banyuasin

Budidaya Tanaman Jeruk Lemon California di Kebun SMK PP Negeri Sembawa Banyuasin

Siswa SMK PP Negeri Sembawa, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) melakukan kegiatan penanaman jeruk lemon California.

Budidaya Tanaman Jeruk Lemon California di Kebun SMK PP Negeri Sembawa Banyuasin
SRIPOKU.COM/Mat Bodok
Yoniar Effendi MP selaku guru pengampu mata pelajaran Agribisnis Tanaman Buah, melakukan pembinaan terhadap pelajar SMK PP Negeri Sembawa di perkebunan SMK PP Sembawa. 

Laporan wartawan sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Siswa SMK PP Negeri Sembawa Kabupaten Banyuasin, program keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) melakukan kegiatan penanaman jeruk lemon California di kebun SMK PP Negeri Sembawa, Jumat (21/2/2020).

Penanaman ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran tanaman buah di kebun sekolah seluas 5000 m² dengan jumlah kurang lebih 300 tanaman telah ditanam yang dibimbing langsung oleh Yoniar Effendi MP selaku guru pengampu mata pelajaran Agribisnis Tanaman Buah.

Pemilihan komoditi jeruk lemon California ini dikarenakan memiliki masa panen yang cukup singkat yaitu, 1 tahun dari pertama tanam dan pemanenan dapat berlangsung sepanjang tahun.

Syukuran Kompas Gramedia Grup Betema Merajut Harmony 2020, Optimis Lewati Rintangan Maju Bersama

Para Ahli Kesehatan di China Akui Obat Anti Malaria Efekti untuk Menyembuhkan Serangan Virus Corona

Gubernur Herman Deru Tantang 139 SMK se Sumsel Ciptakan Booster Signal

Buah ini tidak mengenal musim. Selain itu, jenis jeruk lemon California memiliki perbedaan yang cukup signifikan yaitu dalam jeruk lemon California memiliki kandungan air yang cukup tinggi dengan daging buah yang tebal dan volume buah yang lebih besar dibandingkan dengan jeruk lemon lokal.

Dijelaskan, Yoniar beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jeruk lemon California, nantinya komoditi ini diharapkan dapat menghasilkan beberapa keuntungan.

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan Yoniar Effendi bahwa, jeruk lemon California merupakan salah satu jenis jeruk yang sangat diminati tetapi keberadaannya cukup susah di pasaran dan memiliki harga jual yang relatif stabil dan tidak terganggu oleh faktor cuaca.

"Sehingga nantinya tanaman jeruk lemon ini dapat menjadi salah satu tanaman unggul di SMK PP Negeri Sembawa," tandasnya.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved