Berita Palembang

PESERTA CPNS Asal Palembang Ini Raih Passing Grade Tertinggi di Indonesia, Nekat Ingin Jadi Pol-PP

PESERTA CPNS Asal Palembang Ini Raih Passing Grade Tertinggi di Indonesia, Nekat Ingin Jadi Pol-PP

PESERTA CPNS Asal Palembang Ini Raih Passing Grade Tertinggi di Indonesia, Nekat Ingin Jadi Pol-PP
sripoku.com/rahmaliyah
Rahmat Hidayatullah (dua dari kanan)/ PESERTA CPNS Asal Palembang Ini Raih Passing Grade Tertinggi di Indonesia, Nekat Ingin Jadi Pol-PP 

PESERTA CPNS Asal Palembang Ini Raih Passing Grade Tertinggi di Indonesia, Nekat Ingin Jadi Pol-PP

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dalam pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2019 yang berlokasi di Ogan Komering Ulu (OKU).

Salah seorang peserta CPNS bernama Rahmat Hidayatullah (20) berhasil melewati tes dengan hasil yang di luar prediksi.

Total Nilai SKD milik Rahmat mendapatkan 476 poin, dengan rincian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 145 poin, Tes Intelegensi Umum (TIU) 170 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 161 poin menjadi nilai SKD tertinggi untuk di Sumsel saat ini

Sripoku.com mendatangi kediaman pria yang melamar untuk formasi Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Pamong Praja di OKU dengan jenjang pendidikan SMA di Kawasan Perumahan Polda Kemala Bhayangkari, Jalan Sukabangun II, Palembang, Rabu (5/2/2020).

Dikediamannya, terlihat sebuah mobil terparkir diarea garasi dengan pagar tertutup, dan saat Sripo tiba dilokasi dan memanggil pemilik rumah, disambut senyum ramah seorang pria berkaos putih, yang tak lain ayah kandung Rahmat, Syarifuddin (55).

Berikut wawancara lengkap Sripoku.com dengan ayah Rahmad Hidayatullah.

Rahmat Hidayatullah pasca tes langsung pulang ke Palembang?
Tidak, Rahmat masih di rumah salah satu Keluarga saya di Bengkulu Selatan. Setelah selesai tes kemarin menginap disana sekaligus ingin refreshing sebentar usai ikut tes. Nomornya tidak aktif memang kalau dihubungi karena mungkin terkendala sinyal.

• Bagaimana reaksi Anda sebagai orangtua atas raihan nilai tes SKD Rahmat?
Pertama kali saya dihubungi melalui Whatsapp sore hari, saya lupa jam berapa. Rahmat itu ikut tes di sesi ke lima kemarin. Saat tahu, saya dan istri kaget dan terharu bahkan sempat nangis karena bersyukur serta tak menyangka kalau hasilnya bisa sebaik ini. Alhamdulillah.

• Berapa lama persiapan Rahmat untuk Ikut Tes CPNS ini?
Kurang lebih tiga bulan. Dia bahkan beli buku persiapan CPNS di Gramedia dan ikut simulasi juga. Di rumah pun kerjaannya belajar didalami terus tiap soalnya. Alhamdulillah, mungkin ini jawaban hasil ketekunannya selama tiga bulan terakhir belajar mempersiapkan tes CPNS.

• Sebelumnya apakah pernah ikut Tes CPNS juga?
Belum pernah ikut, tapi usai lulus sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Palembang pernah ikut tes penerimaan IPDN di 2017 dan 2018, dua kali ikut dua kali gagal. Kalau dilihat nilai hasilnya tinggi selalu diatas 351 poin. Rahmat hanya tak berjodoh saat dirangkingkan.

• Sepengetahuan Anda sebagai orang tua, apa yang menjadi motivasi dia untuk ikut CPNS?
Dia itu orangnya nekat, keinginannya itu mau cepet kerja. Apalagi tiap temennya ada yang kerja pakai seragam dinas entah IPDN atau lainnya jadi makin terpacu dia, bagaimana caranya juga sama harus bisa seperti mereka. Mau ikut tes TNI/Polisi tinggi badannya tidak terpenuhi hanya 161cm makanya dia juga pilih formasi Pol PP yang kriteria tinggi badannya bisa dipenuhi.

• Dulu selama di Sekolah nilai akademiknya apakah selalu tinggi dan masuk 10 besar?
Tidak juga, malah kategori rata-rata sama seperti anak lainnya. Tapi mungkin karena saat tes CPNS sekarang dia lebih fokus karena dirumah kerjaannya belajar paling kalau keluar ketemu kawannya sebentar atau sholat Jumat.

• Setelah Tes SKD akan ada Tes SKB, Apa harapan Anda sebagai orangtua?
Meski ini baru tahap awal, saya berharap besar agar Rahmat bisa melewati semua tahapan seleksi tes masuk CPNS. Cita-citanya banyak sekali kalau dia cerita ke saya mau jadi IPDN, Polri, TNI dll. CPNS ini baru pertama kali dia ikuti. Kami sebagai orang tua hanya bisa support dan mendoakan. Semoga dilancarkan jalannya. (rahmaliyah)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved