Antisipasi Virus Corona di Palembang

Tips Menghindari Penyebaran Virus Corona

Virus corona adalah sekelompok jenis virus yang memengaruhi saluran pernapasan dan salah satunya pernah menyebabkan munculnya SARS.

Tips Menghindari Penyebaran Virus Corona
ist
virus 

Laporan wartawan sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Virus Corona merebak dengan cepat.

Tidak hanya di daerah asalnya di Wuhan, Tiongkok, virus ini pun sudah menyebar ke beberapa negara lainnya, seperti Korea Selatan, Thailand, Singapura, hingga Amerika Serikat.

Virus Corona adalah sekelompok jenis virus yang memengaruhi saluran pernapasan dan salah satunya pernah menyebabkan munculnya wabah Severe Acute Respiratory Infection di dunia.

Perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Sumatera Selatan, Zen Ahmad mengatakan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghindari virus tersebut.

Cerita 12 Mahasiswa Indonesia Terjebak di Wuhan Cina Hanya Makan Mie Instan, Terancam Virus Corona

"Kita sudah banyak punya pengalaman dengan virus sebelumnya untuk virus yang penularannya dari hewan ke manusia.

Namun, untuk penularan dari manusia ke manusia masih terbatas. Sebisa mungkin kita menghindari penyebaran virus ini," katanya kepada Sripo lewat sambungan telepon, Senin (27/1/2020).

Berikut tips yang yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran virus ini:

• Pertama, jangan pergi ke sumber virus.
Selain itu jangan melakukan kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi virus tersebut

• Pakai Masker
Bila memang harus beraktivitas dengan orang yang terinfeksi virus pastikan diri kita telah memiliki pengaman seperti misalnya masker bedah atau masker yang lebih tinggi kualitasnya.

• Selalu Jaga Kesehatan

Penjagaan kesehatan bisa dilakukan dengan tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air putih dan beristirahat dengan baik.

• Cuci tangan dengan baik
Selalu membiasakan mencuci tangan sesuai dengan aturan mencuci tangan yang baik. Mencuci tangan pun sebaiknya terus dilakukan seusai memegang benda atau peralatan meskipun tidak ada indikasi virus Corona akan menyebar.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved