Breaking News:

Mitos atau Fakta? Cara Memutihkan Gigi dengan Garam

Saat ini, terdapat banyak metode untuk memutihkan gigi yang dapat kita pilih, salah satu yang sempat ngetren adalah cara memutihkan gigi dengan garam.

https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Gigi Putih & Garam halus. 

SRIPOKU.COM - Hampir semua orang memiliki gigi putih adalah idaman. Saat ini, terdapat banyak metode untuk memutihkan gigi yang dapat kita pilih, salah satu yang sempat ngetren adalah cara memutihkan gigi dengan garam.

Apakah memutihkan gigi dengan garam memang efektif dan aman secara medis? Ataukah ada efek samping yang harus kita tanggung jika mencoba cara memutihkan gigi yang dapat dilakukan di rumah ini?

Gigi Putih Bak Yuni Shara, Inilah 5 Bahan Ekonomis Putihkan Gigi, dari Buah Apel hingga Kulit Pisang

Ramalan Bintang Selasa 14 Januari 2020: Capricorn Ada Kemalangan, Keuangan Virgo Lebih Baik

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa berkumur dengan air garam dapat meredakan sakit gigi. Pasalnya, larutan garam dapat membunuh bakteri pada mulut sehingga mengurangi rasa sakit pada gigi maupun gusi.

Anggapan ini diperkuat dengan banyaknya rekomendasi dari dokter gigi bahwa berkumur dengan larutan garam memang dapat meredakan sakit gigi ringan.

Gigi sehat.
Gigi sehat. (rspondokindah.co.id)

Selain itu, larutan garam juga bisa dijadikan obat kumur ketika menderita sakit tenggorokan.

Meskipun demikian, hal ini tidak berkorelasi dengan fungsi garam sebagai pemutih gigi. Berikut fakta di balik cara memutihkan gigi dengan garam bila ditinjau dari segi medis.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa menggosok-gosok gigi dengan garam dapat membuatnya lebih putih.

Ketika ditanya mengenai cara memutihkan gigi dengan garam, rata-rata dokter gigi menyatakan bahwa sedikit kemungkinan garam bisa memutihkan gigi, bahkan tidak bisa sama sekali.

Lalu, bagaimana dengan orang yang mengaku berhasil mempraktikkan cara memutihkan gigi dengan garam?

Ilustrasi Garam
Ilustrasi Garam (google)

Asosiasi Dokter Gigi Amerika Serikat menduga hal itu dikarenakan gesekan garam menyebabkan abrasi pada enamel alias lapisan terluar gigi.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved