Breaking News:

Gerhana Matahari Cincin di Sumsel

Cuaca Teduh Saat Gerhana Matahari Cincin, Pemkab Ogan Ilir Gelar Shalat Khusuf

Mereka menggelar Shalat tersebut usai Shalat Dzuhur, atau pada puncaknya terjadi Gerhana Matahari Cincin, pada pukul 12.30 WIB.

sripoku.com/resha
Ustad Roni saat memberikan ceramah usai melaksanakan Salat Kusuf, di Masjid An Nur KPT Tanjung Senai Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, INDRALAYA - Kendati tak sampai ratusan, jemaah yang shalat di Masjid An Nur KPT Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir tetap menggelar Shalat Khusuf (Gerhana Matahari), Kamis (26/12/2019). Mereka menggelar shalat tersebut usai Shalat Dzuhur, atau pada puncaknya terjadi Gerhana Matahari Cincin, pada pukul 12.30 WIB.

"Kita Pemkab Ogan Ilir menggelar Shalat Khusuf di Masjid An Nur. Siapapun baik pegawai, pejabat dan masyarakat hadir untuk melaksanakan ibadah tersebut," ujar Kabag Kesra Pemkab Ogan Ilir, Marsopa.

Lafaz Niat Shalat Gerhana Bulan (Khusuf) serta 14 Rukunnya Secara Lengkap

Pantauan di lapangan, suasana sejuk sekaligus temaram terus membayangi KPT Tanjung Senai, Indralaya Ogan Ilir. Cuaca seolah mendung, meskipun tidak turun hujan.

Sementara itu Ustad Roni yang memberikan ceramah mengatakan, Shalat Khusuf mengingatkan manusia akan kebesaran Allah SWT dalam membuat keteraturan di alam semesta. Sehingga, manusia wajib bersyukur sebagai wujud penghambaan kepada Sang Maha Pencipta.

"Hikmah Gerhana Matahari ini, Allah ingin melihat manakah hambanya yang taat terhadap Sunnah Rasul, dan mana yang hanya mencari kesenangan.

Mudah-mudahan kita akan dikumpulkan bersama Rasulullah, dan para sahabat serta orang-orang yang menghidupkan Sunnah Rasul," tambahnya.

Terakhir, ia berharap Gerhana Matahari ini dapat menambah kecintaan manusia terhadap Allah SWT.

Dengan melihat kekuasaan Allah SWT dari momen Gerhana Matahari ini, mudah-mudahan dapat menambah ketaatan terhadap perintah ibadah yang telah diberikan kepada kaum muslimin.

"Insya Allah kita akan semakin cinta kepada Allah, semakin taat kepada Allah, cinta dan kagum atas kuasa Allah yang membuat keteraturan alm atas kekuasaan Allah tanpa batas," jelasnya.

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved