Tiga Tokoh Sumsel ini Pernah Jadi Pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB

Tiga tokoh Sumsel ini tampil berbicara pada forum internasional bergengsi yang membahas tentang perubahan iklim

Kolase Sripoku.com
Tiga Tokoh Sumsel ini Pernah Jadi Pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB 

Tiga Tokoh Sumsel ini Pernah Jadi Pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB

Oleh : Maspril Aries
Wartawan Utama/ Penggiat Kaki Bukit Literasi

Pekan lalu ada banyak berita di media online dan media cetak yang memberi kabar tentang Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex berbicara di forum internasional yang membahas tentang lingkungan khususnya tentang Perubahan Iklim di Madrid, Spanyol.

Bupati Muba Dodi Reza Alex tampil berbicara pada forum internasional bergengsi yang membahas tentang perubahan iklim - KTT Perubahan Iklim 2019 - The UN Climate Change Conference COP (Conference of the Parties) 25 yang berlangsung 2 - 13 Desember 2019.

Pada KTT Perubahan Iklim 2019 tersebut delegasi Indonesia dipimpin Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong. Bupati Dodi Reza Alex berkesempatan tampil pada Kamis (5/12) pukul 16.40 waktu Spanyol. Di paviliun Indonesia Bupati Muba berbicara tentang implementasi kegiatan pengelolaan lanskap berbasis hutan.

Dodi tampil pada sesi Partnership in Sustainable Landscape Management in South Sumatra as A Model for Climate Change dengan menampilkan beberapa praktek keberhasilan yang baik (best management practice) tentang pembangunan hijau dan energi terbarukan di Kabupaten Musi Banyuasin.

Menurut berita-berita tersebut, Bupati Dodi Reza Alex tampil berbicara di forum internasional tersebut untuk yang kedua kalinya. Benarkah berita tersebut, saya pun mencoba mencari jawabannya dengan menelusuri jejak digitalnya di internet. Saya menemukan jawabannya, pada COP 24 yang berlangsung 2018 di Katowice, Polandia.

Adakah tokoh lainnya dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang pernah menjadi pembicara di COP sebelumnya? Sudah banyak tokoh dan pejabat Indonesia berbicara di COP dari Presiden, menteri sampai kepala daerah. Dari semua yang pernah berbicara, hanya ada tiga tokoh dari Sumsel yang datang menguak tirai COP dan berbicara di forum internasional tersebut. Tidak sembarang tokoh yang bisa berbicara di COP, hanya mereka yang terpilih yang bisa tampil.

Pertama, Alex Noerdin saat masih menjabat Gubernur Sumsel menjadi tokoh Sumsel yang berbicara pada Forum Global Leader Summit dalam KTT Konferensi Perubahan Iklim 2015 - COP 21 yang berlangsung di Paris, Perancis. COP 21 yang berlangsung 30 November – 12 Desember 2015 tersebut melahirkan Paris Agreement yang merupakan pengganti Kyoto Protocol 1997 yang akan dimulai pelaksanaannya tahun 2020.

Berita Alex Noerdin di COP 21 menjadil viral di Indonesia karena saat itu Gubernur Sumsel dua periode tersebut (2008 - 2013 dan 2013 - 2018) tersebut bertemu dan berbicara empat mata dengan aktor dunia yang juga aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio.

Halaman
123
Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved