Berita Palembang

Pengabdian Masyarakat, FMIPA Unsri Manfaatkan Sari Mengkudu Jadi Anti Bakteri Pembuatan Sabun Cair

Diketahui di desa Tanjung Seteko buah mengkudu yang jatuh dari pohon hanya menjadi sampah dan tidak dapat dimanfaatkan karena baunya yang menyangat.

Pengabdian Masyarakat, FMIPA Unsri Manfaatkan Sari Mengkudu Jadi Anti Bakteri Pembuatan Sabun Cair
HANDOUT/Fahma Riyanti
FMIPA Unsri Manfaatkan Sari Mengkudu Jadi Anti Bakteri Pembuatan Sabun Cair 

Pengabdian Masyarakat, FMIPA Unsri Ubah Sari Mengkudu Jadi Anti Bakteri dalam Pembuatan Sabun Cair

SRIPOKU.COM - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsri melaksanakan agenda Pengabdian ke Masyarakat Dana Dipa Unsri di dusun IV Desa Tanjung Seteko Inderalaya pada Selasa (8/10/2019) lalu.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh FMIPA Unsri.

Dengan mengangkat tema Pemanfaatan Sari Mengkudu Sebagai Anti Bakteri Untuk Pembuatan Sabun Cair, masyarakat di desa Tanjung Seteko merasa sangat antusias menerima semua pembinaan dari dosen dan staf FMIPA Unsri.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsri melaksanakan agenda Pengabdian ke Masyarakat Dana Dipa Unsri di dusun IV Desa Tanjung Seteko Inderalaya pada Selasa (8/10/2019) lalu.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsri melaksanakan agenda Pengabdian ke Masyarakat Dana Dipa Unsri di dusun IV Desa Tanjung Seteko Inderalaya pada Selasa (8/10/2019) lalu. (HANDOUT/Fahma Riyanti)

Terhitung ada 30 warga sekitar yang turut datang dalam pembinaan pengabdian masyarakat tersebut.

Fahma Riyanti, salah satu dosen FMIPA yang ikut dalam agenda tersebut menyebutkan jika latar belakang pembinaan membuat sabun cair dengan buah mengkudu ini didasari oleh kurang pekanya masyarakat dengan pemanfaatan buah tersebut.

Diketahui di desa Tanjung Seteko buah mengkudu yang jatuh dari pohon hanya menjadi sampah dan tidak dapat dimanfaatkan karena baunya yang menyangat.

Lebih lanjut, Fahma Riyanti mengungkapkan jika metoda kegiatan pengabdian yang diterapkan adalah dengan memberi penjelasan manfaat mengkudu.

Bangun Minat Konservasi Kupu-kupu, FMIPA Unsri Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Pulau Semambu

Kemudian menjelaskan bahan bahan yang digunakan serta menjelaskan cara pembuatan sari mengkudu, praktek langsung cara pembuatan sabun cair dan terakhir adalah tanya jawab.

"Kita ikut langsung membina ibu-ibu dan adik-adik di desa ini bagaimana cara membuat sabun cair dengan menggunakan buah mengkudu.

Halaman
12
Penulis: Rizka Pratiwi Utami
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved