Tips Melihat Gerhana Matahari di Momen Peringatan Tsunami Aceh 26 Desember Nanti

Tips Melihat Gerhana Matahari di Momen Peringatan Tsunami Aceh 26 Desember Nanti

Stefan Seip - NASA
Gerhana Matahari Cincin 

Gerhana Matahari Cincin Tampak di Indonesia 26 Desember 2019, Ini Daerah yang Dilalui & Urutan Waktu

SRIPOKU.COM - Fenomena alam langka berupa gerhana matahari diprediksi akan kembali terjadi di wilayah Indonesia. Khusus untuk masyarakat Aceh, gerhana matahari nanti boleh jadi bakal semakin bermakna lantaran prediksi terjadinya bertepatan dengan bencana tsunami di Aceh pada 2004 lalu.

Fenomena ini dikenal dengan Gerhana Matahari Cincin yang akan berlangsung pada 26 Desember 2019.

Gerhana matahari cincin terjadi karena wilayah yang dilalui oleh bayangan antumbra, yaitu perpanjangan dari umbra (bayangan utama) di mana Bulan tepat berada di depan Matahari, tetapi piringannya tampak terlalu kecil untuk menutupi seluruh piringan Matahari.

Selain menikmati gerhana Matahari Cincin, sejumlah wilayah di Indonesia juga akan dilalui oleh bayangan penumbra.

Yakni, bayangan samar-samar di mana piringan Bulan tampak hanya menutupi sebagian piringan Matahari.

Malam Ini Supermoon, Ini Amalan Saat Gerhana Bulan dan Cerita Ketika di Zaman Rasulullah

Gerhana Matahari cincin.
Gerhana Matahari cincin. (NASA)

Gerhana ini diperkirakan akan dapat dilihat langsung di sejumlah daerah, demikian berdasarkan keterangan dari situs planetarium.jakarta.go.id.

Kabarnya, Gerhana Matahari Cincin bisa dilihat mulai dari daerah Padang Sidempuan (Sumatera Utara), Batam (Kepulauan Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), sebagian Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Daerah-daerah tersebut bisa melihat Gerhana Matahari Cincin karena dilalui oleh bayangan antumbra, yaitu perpanjangan proyeksi dari umbra (bayangan utama) ketika Bulan tepat berada di depan Matahari, namun piringannya tampak lebih kecil dan tidak menutupi piringan Matahari.

Sementara itu, di sebagian besar daerah lainnya, termasuk Jakarta, hanya akan menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian karena fase parsial yang dilalui penumbra hanya sebagian, sehingga piringan Bulan hanya menutupi sebagian piringan Matahari.

Sedangkan secara global, Gerhana Matahari Cincin akan melewati wilayah Eropa bagian timur, sebagian besar Asia, Australia barat daya, Afrika timur, Samudra Pasifik, dan Samudra Hindia.

Halaman
1234
Penulis: Tria Agustina
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved