Sumsel Waspada Bencana Alam

Sumsel Waspada Bencana Alam, Pemkab Empatlawang Siapkan Dana Rp 54 Miliar

Sejumlah lokasi aliran sungai di Kabupaten Empat Lawang dinormalisasi. Setidaknya ada 9 paket pekerjaan sungai dilakukan normalisasi.

sripoku.com/awijaya
Normalisasi sungai Musi di Kawasan Pulau emas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. 

Laporan wartawan sripoku.com, Andi Wijaya

SRIPOKU.COM,EMPATLAWANG - Sejumlah lokasi aliran sungai di Kabupaten Empat Lawang dinormalisasi. Setidaknya ada 9 paket pekerjaan sungai dilakukan normalisasi.

Kepala Dinas PUPR Empat Lawang, Syarkowi, melalui Sekretaris Dinas Apriansyah Qolbi, mengatakan normalisasi sungai ini dari dana dana Bantuan Gubernur (Bangub) biayanya sekitar 54 Milyar rupiah.

Sumsel Waspada Bencana Alam, Pemkab PALI Siaga Tiga Bencana Alam Sekaligus

Qolbi menjelaskan normalisasi dilakukan karena disekitar lokasi sering terjadi banjir dan pendangkalan sehingga aliran sungai perlu dikeruk

Sembilan lokasi normalisasi sungai itu di Sungai Musi sekitar pulau emas, Sungai Musi Desa Baturaja Lama dan Baturaja Baru,  Sungai Nibung di Desa Lubuk Layang,  Sungai Airbetung di Desa Tanjung Agung Ulumusi, Sungai Seguring di desa Terusan, Air Selimang Ulumusi, Sungai Saling, Sungai Keruh di desa Padang Gelai sampai ke Muara Sindang Kecamatan Paiker.

35.696 Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Siap Tanggulangi Bencana Alam di Sumsel

Dikatakan Qolbi material dari normalisasi sungai itu tidak boleh diambil apalagi di jual. Ia mengatakan jika ada yang memanfaatkan material itu dengan menjual sampaikan kepihaknya untuk dilaporkan ke pihak berwajib.

" perlu diketahui material dari normalisasi sungai tidak boleh di jual, itu aset negara, kalau ada yang jual di foto saja, kita akan laporkan ke polisi," kata Qolbi.

Waspada Bencana Alam di Sumsel, Basarnas Palembang Siagakan Personel, Dirikan Pos dan Alat Berat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Provinsi Sumsel, Jumat (15/11/2019). Dari prakiraan BMKG, sebanyak 7 daerah di Sumsel diprediksi bakal diterpa cuaca buruk hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Adapun daerah yang diprediksi terkena cuaca buruk hari ini yakni Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau dan Musi Banyuasin.

Waspada Bencana Alam di Sumsel, Basarnas Palembang Siagakan Personel, Dirikan Pos dan Alat Berat

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bambang Beny Setiaji mengatakan daerah yang diprediksi terkena cuaca buruk diharapkan dapat memperhatikan peringatan dini cuaca dari BMKG.

Halaman
12
Penulis: Awijaya
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved