5 Tips Keuangan Prima Menghadapi Jelang PHK Perusahaan

PHK merupakan sebuah hal yang sangat mempengaruhi kondisi finansial Anda. Sebagian perusahaan mungkin akan memberikan kabar beberapa waktu sebelum ke

5 Tips Keuangan Prima Menghadapi Jelang PHK Perusahaan
http://itaboutwomen.blogspot.com
Ilustrasi - Pemutusan Hak Kerja (PHK) merupakan sebuah hal yang sangat mempengaruhi kondisi finansial Anda. 

SRIPOKU.COM - Pemutusan Hak Kerja (PHK) merupakan sebuah hal yang sangat mempengaruhi kondisi finansial Anda.

Sebagian perusahaan mungkin akan memberikan kabar beberapa waktu sebelum keputusan PHK Anda, namun beberapa perusahaan lainnya memberikan keputusan PHK secara mendadak.

Kemungkinan terpuruknya kondisi finansial pasca PHK memang akan membuat Anda ketar-ketir. Oleh sebab itu persiapan finansial sangat dibutuhkan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk tetap berada dalam kondisi finansial yang baik pasca PHK ?

Ratusan Pekerja PT SAP di Muratara Di-PHK Massal, Manajemen Beralasan Perusahaan Defisit

Fakta Dibalik PHK Massal Karyawan NET TV, Komisaris Utama Wishnutama Kusubandio Angkat Bicara

“Perusahaan berevolusi, berubah dan gagal. Karyawan dan pemilik bisnis, perlu dipersiapkan untuk hal yang tidak terduga," kata Mike Silane, seorang perencana keuangan dari 21 West Wealth Management, melansir CNN, Rabu (6/11/2019).

Berikut 5 tips keuangan prima yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi finansial Anda menjelang PHK:

1. Siapkan Dana Darurat
Dalam menghadapi rencana PHK hal penting yang harus Anda persiapkan adalah memiliki dana darurat dalam bentuk tabungan. Mike Zung, seorang perencana keuangan di Java Wealth menyebut bahwa jumlahnya tabungan Anda harus disesuaikan dengan kapasitas jabatan Anda.

Jika Anda berada pada jabatan menengah ke bawah, persiapkanlah dana darurat untuk tiga bulan ke depan. Selain itu, pastikan Anda untuk tidak menggunakan kredit sebagai pengganti dana darurat Anda. Hal ini mengingat bahwa kredit akan menimbulkan biaya tambahan berbentuk bunga.

2. Periksa pengeluaran Anda
Untuk melakukan penghematan pada kondisi finansial yang belum stabil, ada baiknya jika Anda memeriksa pengeluaran Anda dan melakukan riset kecil mengenai pengeluaran bulanan Anda. Selain membayar utang kartu kredit dan tagihan lainnya, ada baiknya jika Anda melunasi segala jenis hutan Anda.

Ini juga merupakan saat yang tepat untuk mulai memiliki gaya hidup yang sesuai dengan pendapatan Anda. Jika Anda berpikir Anda mungkin akan diberhentikan, telusuri anggaran Anda dan lihat pengeluaran apa yang bisa Anda potong.

3. Atur Ulang Cicilan Anda
Jika Anda berada dalam list rencana PHK perusahaan, pertimbangkan untuk membiayai kembali atau restart cicilan Anda. Misalkan cicilang barang-barang mahal seperti rumah atau mobil. Robert Falcon, perencana keuangan dari Falcon Wealth Managers menyebut bahwa dengan memperpanjang tenor cicilan Anda akan memudahkan Anda membayar cicilan dengan nominal besar.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved