Keliling Kota Palembang Pasukan Umar Bin Khatab Bakal Jemput Bola Bantu Kaum Mustahik

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel membentuk pasukan bernama Umar Bin Khatab. Pasukan ini bertugas membantu para mustahik

Keliling Kota Palembang Pasukan Umar Bin Khatab Bakal Jemput Bola Bantu Kaum Mustahik
SRIPOKU.COM/Odi Aria
Pasukan Umar Bin Khatab saat mendapat pelatihan latihan dasar layanan aktif di Baznas Sumsel, Rabu (17/10/2019). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel membentuk pasukan bernama Umar Bin Khatab. Pasukan ini bertugas membantu para mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat) di kota Palembang.

Beranggotakan 25 orang, pasukan Umar Bin Khatab ini nantinya akan bertugas berkeliling kota pempek untuk jemput bola memberikan bantuan kepada orang yang berhak menerima.

Kepala Baznas Sumsel Najib Haitami melalui Humas Baznas, Hendra mengatakan pasukan ini akan menyisir daerah pinggiran kota Palembang untuk memberikan bantuan secara langsung kepada para mustahik.

Dokter Setiap Hari Berkunjung ke Desa, Program Banyuasin Bangkit Mulai Dirasakan Masyarakat

Bank Dunia Buka Lowongan Pekerjaan di Indonesia untuk Menangani Manajemen Risiko Bencana

Ashanty Ikhlas Hadapi Kematian,Ternyata Istri Anang Hermansyah Takutkan Hal Ini, Arsy Sampai Nangis

"Jadi kita langsung jemput bola. Misal ketika dijalan ada orang kurang makanan kita kasih sembako, anak sekolah ada tunggakan bayaran akan dibantu biayanya," ujarnya, usai memberikan pelatihan latihan dasar layanan aktif di Baznas Sumsel, Rabu (17/10/2019).

Ia menjelaskan, pasukan Umar Bin Khatab saat ini baru ada di Baznas Sumsel dan Baznas pusat. Dibentuknya pasukan ini merupakan aksi cepat tanggap Baznas dalam memberikan layanan aktif kepada masyarakat.

Selain memberikan bantuan langsung ke masyarakat, pasukan Umar Bin Khatab juga siap melayani apabila ada laporan masyarakat yang memerlukan bantuan.

"Untuk saat ini pasukan Umar Bin Khatab akan bertugas keliling di dalam kota dan daerah perbatasan Palembang lainnya seperti Ogan Ilir dan Banyuasin," jelasnya.

Mahasiswa Unitas Tewas Saat Pra Diksar, Orangtua Putuskan Lapor ke Polisi

8 Menteri Ini tak Dipilih Lagi oleh Presiden Jokowi, Sinyal Teguran, Ada yang Sudah Pamit Duluan!

Anggota Baznas RI, Iskandar Darussalam menambabkan selain door to door membantu para mustahik, pasukan ini juga nantinya akan siaga ketika ada kejadian di jalan seperi kebakaran dan kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, sebelum terjun ke lapangan secara langsung, pasukan Umar Bin Khatab diberikan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

"Pasukan ini dibekali teknik dasar memberikan bantuan kecelakaan. Jadi pada saat berkeliling langsung bisa cepat tanggap," jelasnya.

Dengan terbentuknya pasukan Umar Bin Khatab ini diharapkan Baznas Sumsel dapat lebih optimal lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat kurang mampu. (Oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved