Breaking News:

Cara Menghargai Diri Sendiri, untuk Harga Diri yang Lebih Sehat

Merasa rendah diri dan minder karena self-esteem atau harga diri yang tidak sehat, mungkin beberapa kali kamu rasakan. Meski kondisi tersebut normal a

SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Wanita Mandiri. 

SRIPOKU.COM - Merasa rendah diri dan minder karena self-esteem atau harga diri yang tidak sehat, mungkin beberapa kali kamu rasakan. Meski kondisi tersebut normal adanya, kamu tetap perlu berusaha mengendalikannya, agar tidak menjadi negatif.

Dalam ilmu psikologi, self-esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa keberhargaan dan nilai personal seseorang terhadap dirinya sendiri. Self-esteem merujuk pada cara individu tersebut menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri.

Paul Pogba Masih Merasa Minder

Tips Agar Rasa Malu dan Minder Terhadap Orang Lain Berkurang, Jadi Banyak Bergaul Dan Percaya Diri

Memiliki self-esteem yang sehat dengan cara menghargai diri sendiri sangat penting untuk dilakukan. Dengan kondisi harga diri yang sehat, kita menjadi lebih percaya diri dalam menjalani hidup.

Tak hanya itu, self-esteem yang baik juga meningkatkan kualitas hubungan, dan membuat kita tidak takut dalam mengekspresikan pendapat.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan, sebagai cara menghargai diri sendiri, untuk self-esteem yang lebih sehat.

Berbicara hal-hal positif terhadap diri sendiri (self-talk)
Jangan pernah meremehkan kekuatan dari self-talk. Baik yang positif maupun self-talk negatif, kegiatan ini memiliki pengaruh yang amat besar terhadap cara kita menghargai diri sendiri, yang tentu juga berkorelasi terhadap kesehatan self-esteem.

Mulailah dengan mengganti kata-kata negatif yang di pikiran dengan kata lain yang derajat negatifnya lebih rendah. Misalnya, mengganti kata “sakit” dengan kata “tidak nyaman”.

Kamu juga bisa mencoba mengubah pernyataan negatif yang terbesit di benak dengan menambahkan kata tanya di depannya.

Sebagai contoh, jika hendak mengatakan pernyataan negatif, seperti “Aku tidak mungkin diterima di perusahaan tersebut”, tambahkan menjadi “Apa yang bisa aku persiapkan untuk diterima di perusahaan tersebut?”.

Menjauhkan diri dari orang-orang "beracun"
Merasa negatif dengan harga diri yang sangat rendah, mungkin hal yang biasa terjadi pada beberapa titik dalam perjalanan hidup.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved