Tidak Hanya Wanita, Masa Subur Pria juga Penting Kita Pahami

Istilah jam biologis, rupanya tak hanya berlaku bagi wanita. Pasalnya, usia ternyata juga dapat memengaruhi masa subur pria. Seiring bertambahnya usia

Tidak Hanya Wanita, Masa Subur Pria juga Penting Kita Pahami
Kolase Sripo
Ilustrasi - Tidak Hanya Wanita, Masa Subur Pria juga Penting Kita Pahami. 

SRIPOKU.COM - Istilah jam biologis, rupanya tak hanya berlaku bagi wanita. Pasalnya, usia ternyata juga dapat memengaruhi masa subur pria. Seiring bertambahnya usia, kualitas sperma dapat menurun.

Pengertian masa subur pada pria dan wanita memang berbeda. Jika pada wanita, masa subur dapat dihitung setiap bulannya melalui siklus menstruasi, masa subur pria lebih dilihat sebagai usia produktif untuk menghasilkan sperma yang berkualitas.

Masa Subur Wanita Bisa Terungkap Lewat Lipstik Khusus Ini

Tanda-tanda Tubuh Seorang Wanita dalam Masa Subur

Selama ini, pria dianggap tidak memiliki batas masa subur dan dapat membuahi sel telur hingga usia berapapun. Anggapan tersebut tidaklah tepat.

Memang, ada beberapa pria berusia paruh baya masih bisa membuat pasangannya hamil. Namun sebenarnya, hal tersebut bisa tergantung dari banyak hal.

Secara umum, masa subur pria sangat dipengaruhi oleh usia. Kemampuan sperma untuk dapat membuahi sel telur akan turun cukup drastis saat pria memasuki usia 40 tahun.

Kualitas sperma yang paling bagus, umumnya terdapat pada pria yang berusia 30-35 tahun. Sementara itu, setelah usia 55 tahun, kualitas sperma berada pada kondisi yang paling buruk.

Keberhasilan proses pembuahan tidak hanya memerlukan sel telur yang sehat, tapi juga sperma yang berkualitas. Kualitas sperma dapat dilihat dari jumlah yang dapat dihasilkan, bentuk, serta pergerakannya.

Semakin tua usia seorang pria, maka pergerakan spermanya akan lemah, sehingga sulit mencapai sel telur. Pergerakan sperma paling baik, umumnya terjadi sebelum pria memasuki usia 25 tahun dan paling buruk setelah memasuki usia 55 tahun.

Jika dibandingkan dengan sperma yang dihasilkan oleh pria berusia 30-35 tahun, kecepatan pergerakan sperma yang dihasilkan oleh pria yang berusia 55 tahun akan berkurang sebanyak 54%.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat usia sangat memengaruhi kesuburan pria, seperti:

Halaman
1234
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved