Manfaatkan Barang Bekas Melalui Program 3R, SMPN 40 Ajak Siswa Kenali Beberapa Sampah

melalui program Reduce, Reuse, Recycle (3R) SMPN 40 Ajak Siswa Kenali Beberapa Sampah

Manfaatkan Barang Bekas Melalui Program 3R,  SMPN 40 Ajak Siswa Kenali Beberapa Sampah
Tribun Sumsel/ melisa
suasana siswa SMPN 40 yang sedang mendaur ulang plastik menjadi barang yang berguna 

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG - Selain ditunjuk untuk mewakili Sumatera Selatan sebagai sekolah adiwiyata Tingkat Nasional, SMP Negeri 40 Palembang yang beralamat di Jalan HM Saleh Sukarami ini juga dituntut untuk melestarikan lingkungan hidup.

Hal ini bertujuan tak hanya agar bisa menang namun agar warga sekolah dapat berpartisipasi aktif dan berkesinambungan serta bisa memanfaatkan barang bekas.

"Selain melestarikan lingkungan hidup yang berkesinambungan serta meningkatkan partispasi warga sekolah juga untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang berguna melalui program Reduce, Reuse, Recycle (3R)," ujar Kepala SMP Negeri 40 Palembang Wahyuni, Rabu (18/9/2019).

Selama ini sampah sudah menjadi hal yang sangat lumrah dijumpai di kehidupan sehari-hari. "Sampah itu kan terbagi menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampah anorganik. Contoh sampah organik adalah daun-daun kering, sisa makanan, sisa sayur dan buah-buahan," jelasnya.

"Nah kalau sampah organik dapat dengan sendirinya terurai secara alami. Berbeda dengan sampah anorganik, seperti plastik botol, kaleng, kertas, tisu, dan lainnya. Sampah anorganik sulit terurai bila tidak diolah terlebih dahulu," katanya.

Ditambahkannya, sampah anorganik banyak menimbulkan permasalahan maka perlu dilakukan cara untuk mengolah sampah anorganik ini tanpa merusak lingkungan.

"Salah satunya mendaur ulang sampah tersebut dikenal dengan Reduce, Reuse, Recycle (3R) jadi melalui sampah yang tidak berguna setelah didaur ulang oleh siswa-siswa menjadi barang yang memiliki nilai jual,” jelasnya.

Dia berharap prinsip 3R yang diterapkan di sekolahnya ini bisa bermanfaat, bukan hanya untuk kelestarian lingkungan agar bersih.

"Siswa juga mendapatkan pembelajaran tentang pemanfaatan sampah, supaya barang-barang yang seharusnya terbuang ini menjadi bermanfaat. Paling tidak dengan prinsip 3R siswa bisa mendapatkan keterampilan dalam pemanfaatan barang bekas,” tutupnya. (elm/rel)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved