Menurut Google Inilah Beberapa Peluang yang Bisa Dikembangkan Start Up Indonesia

Membangun sebuah start-up atau perusahaan rintisan berbasis teknologi bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, dengan keberadaan teknologi, membua

Menurut Google Inilah Beberapa Peluang yang Bisa Dikembangkan Start Up Indonesia
https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Membangun sebuah perusahaan rintisan atau Start Up berbasis teknologi bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, dengan keberadaan teknologi, membuat sebuah ekosistem bisnis menjadi lebih murah.(Wikipedia, tohirborneo.wordpress.com) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Membangun sebuah perusahaan rintisan atau Start Up berbasis teknologi bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, dengan keberadaan teknologi, membuat sebuah ekosistem bisnis menjadi lebih murah.

Namun, kemudahan tersebut harus diiringi dengan inovasi serta dampak sosial yang positif bagi masyarakat.

Agar Perusahaan Rintisan Mendapatkan Dana Segar Penuhi 3 Syarat Ini

Ajang Pencarian dan Pengembangan Start Up, Telkomsel Gelar The NextDev Talent

Kejelian dalam melihat potensi bisnis pun menjadi penting agar start up yang dibentuk tak hanya muncul untuk meramaikan tren start up yang sedang menjamur saja.

Lalu, jenis bisnis apa sajakah yang potensial untuk dikembangkan oleh start up di Indonesia?

Head of Developer Relations and Start up Ecosystem for Asia, Africa and the Middle East Google Sebastian Trzcinski-Clément mengungkapkan, ketika ada masalah yang dihadapi dalam kehdiupan sehari-hari, maka di situlah letak potensi bisnisnya.

"Saya pikir, caya berpikir mengenai peluang bisnis start up adalah dengan memahami masalah apa saja yang kita hadapi sehari-hari," ujar dia di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Dia mencontohkan, ketika beberapa tahun yang lalu melakukan perjalanan dari Bandung menuju Garut menggunakan kendaraan sejenis metromini, kendaraan tersebut tidak kunjung jalan. Ternyata, kendaraan yang dia tumpangi baru berangkat ketika kapasitas penumpangnya sudah penuh.

"Seandainya ada alat yang bisa menunjukkan bahwa di sepanjang perjalanan ada penumpang yang akan naik, saya tidak perlu menunggu 2 jam untuk akhirnya bisa berangat ke Garut," ujar dia.

Ekonomi Inklusif
Selainitu, potensi start up lainnya adalah bagaimana menciptakan ekonomi yang inklusif di seluruh wilayah termasuk pelosok Indonesia dengan mengandalkan jasa logistik.

Pasalnya, Indonesia memiliki 17.000 pulau yang 9.000 di antaranya dihuni oleh penduduk.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved