Herman Deru Ingin Kembangkan Pohon Aren Di Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ingin mengembangkan pohon aren atau enau di Sumsel.

Herman Deru Ingin Kembangkan Pohon Aren Di Sumsel
TRIBUN SUMSEL/Linda Trisnawati
Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat melihat pohon aren di Desa Ulak Segelung Ogan Ilir, Senin (9/9/2019) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ingin mengembangkan pohon aren atau enau di Sumsel. Hal tersebut ingin ia wujudkan lantaran di Desa Ulak Segelung Ogan Ilir sudah ada contoh pohon aren yang sudah tumbuh subur.

"Warga Desa Ulak Segelung dibawah pembinaan Wakil Gubernur Mawardi Yahya yang saat itu menjabat sebagai Bupati OI menanam pohon aren dan terbukti tumbuh subur," kata Herman Deru, Senin (9/9/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, Bahwa pohon aren yang selama ini tumbuh di dataran yang tidak berair tapi disini bisa ditanami aren. Bahkan saat ini pohon aren ini sudah berbuah. Untuk itu kedepan pohon aren ini akan dikembangkan di Sumsel.

"Kenapa berpotensi dikembangkan, karena tidak ada satu pun pokok tanaman dari buah sampai daun yang tidak dimanfaatkan. Buahnya bisa dimanfastkan minuman segar, lalu gula aren untuk gula merah. Sabutnya bisa menjernihkan air dan dibuat sapu maupun pemijahan ikan," jelasnya.

Kemudian menurutnya, pohonnya jika sudah tidak produktif lagi bisa dibuat jadi pengganti nasi dan karbohidrat. Karena pohon aren ini ada kemiripan dengan pohon sagu di Papua.

"Ini sudah ada percontohan tanaman aren nya di lahan rawa di Desa Ulak Segelung di lahan seluas kurang lebih 10 hektar. Komoditas ini juga bisa menambah penghasilan bagi keluarga," ungkapnya.

Pohon aren yang ditanam tersebut pengembangan dari IPB yang di tanam di sini. Memang belum ditanam secara massal, karena dulunya belum berani mengambil resiko. Namun setelah ditanam ternyata hasilnya bagus, bisa tumbuh dengan baik. "Makanya akan kita kembangan pohon aren ini di sini," cetusnya.

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved