Kerahkan Hewan dan Gelar Sholat Istisqa akan Dilakukan Pemkab OKI Agar Turun Hujan

Kerahkan Hewan dan Gelar Sholat Istisqa akan Dilakukan Pemkab OKI Agar Turun Hujan

Kerahkan Hewan dan Gelar Sholat Istisqa akan Dilakukan Pemkab OKI Agar Turun Hujan
SRIPOKU.COM/NANDO
Sumairi Usman (pemimpin pesantren) Ma'had Usmani, saat di tanyai perihal anjuran sholat istisqa, Senin (26/8/2019). 

Kerahkan Hewan dan Gelar Sholat Istisqa akan Dilakukan Pemkab OKI Agar Turun Hujan

SRIPOKU.COM, OKU-Kerahkan Hewan dan Gelar Sholat Istisqa akan Dilakukan Pemkab OKI Agar Turun Hujan

Kondisi kemarau yang diperparah dengan kebakaran dan kekurangan air membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) akan menggelar sholat Istisqa atau sholat meminta hujan di halaman kantor bupati OKI pada Jum'at (30/8) mendatang.

Rencana ini dilakukan jika situasi dan kondisi saat ini tak ada perubahan.  Sebab, tidak hanya Pemkab OKi saja semua wilayah memang dalam kondisi gawat, tetapi di OKI memang mendapatkan perhatian khusus karena lahan gambut di wilayah itu yang sangat mudah terbakar.

Jalan satu-satunya yang bisa menghentikan merambatnya kebakaran hanya hujan, begitu pun air bersih juga sangat diperlukan.

Diadakannya sholat istisqa tak lain ialah karena hujan tak kunjung turun di wilayah OKI dan banyak warga yang mengeluhkan akan kekeringan hingga berdampak pada ketersediaan air bersih.

Pemkab OKI tak melarang masyarakat yang ingin ikut melaksanakan sholat istisqa sembari membawa serta hewan ternak mereka ikut ke lokasi pelaksanaan sholat.

Sumairi Usman (pemimpin pesantren) Ma'had Usmani yang nantinya sebagai pembaca do'a pada saat sholat istisqa menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan sholat ini masyarakat memang diperbolehkan membawa hewan peliharaan seperti ayam, kambing, sapi dan hewan peliharaan lainnya.

Hewan-hewan tersebut juga ikut berdo'a pada waktu sholat istisqa.

"Istilahnya begini, hewan-hewan ini diharapkan bisa membantu makbulnya dari doa yang dipanjatkan. Jadi kalau doa manusia belum dikabulkan semoga bisa dikabulkan lewat doa hewan-hewan ini," pungkasnya saat diwawancari Tribunsumsel.com, Senin (26/8/2019).

Halaman
12
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved