Jelang Hari Raya Idul Adha, Usaha Kue Lebaran di Lubuklinggau Banjir Order

Jelang Hari Raya Idul Adha, Usaha Kue Lebaran di Lubuklinggau Banjir Order

Jelang Hari Raya Idul Adha, Usaha Kue Lebaran di Lubuklinggau Banjir Order
SRIPOKU.COM/Ahmad Farozi
menjelang hari raya idul adha 1440 H, order perajin kue lebaran di Lubuklinggau meningkat dibandingkan biasanya. Seperti dialami oleh salah seorang perajin kue, Roslaini, di Jalan Nangka Lintas Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau. Order kue lebaran ditempatnya meningkat lebih dari 100 persen. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Bagi masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya, kemeriahan Hari Raya Idul Adha hampir sama dengan Hari Raya Idul Fitri. Sebagian masyarakat masih memanfaatkan momen lebaran qurban ini untuk bersilaturahmi ke rumah-rumah tetangga dan kerabat.

Karena itu, untuk menyambut para tetamu yang datang, sebagian masyarakat masih menyajikan sajian kue-kue lebaran di rumah masing-masing.
Berbagai persiapan dilakukan untuk menyajikan kue lebaran ini. Ada yang membuat sendiri, dan banyak pula yang memesan di perajin-perajin kue khas lebaran. Seiring meningkatnya permintaan masyarakat ini, membuat usaha-usaha pembuat kue khas lebaran banjir order. Bahkan sejak jauh hari sebelum lebaran tiba, sudah banyak pesanan untuk hari raya.

Ramainya order kue lebaran ini juga dirasakan salah satu perajin kue, Roslaini, yang berlokasi di Jalan Nangka Lintas RT4 Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau. Di rumahnya, dia membuat kue khas "Agar Dodol". Kue ini biasanya jadi salah satu menu khas daerah yang biasa disajikan saat lebaran.

Dikatakan, sekitar satu pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, dia sudah banyak menerima pesanan. "Memang permintaan kue meningkat jelang lebaran ini. Jika hari biasa permintaan sekitar 30-40 box, maka jelang lebaran ini bisa mencapai 100 box bahkan sampai 200 box ukuran sedang 0,5 kilogram," ungkap Roslaini, kepada Sripoku.com, Jumat (9/8/2019).

Disebutkan, pada hari biasa dia membuat kue Agar Dodol dengan varian box ukuran sedang. Dan terkadang membuat kue dengan varian cup seperti cup ice cream bila ada pesanan dari pelanggan tertentu untuk acara-acara. Baik acara hajatan maupun acara rapat formal kantor. Namun menjelang lebaran ini, banyak pula pesanan untuk varian box besar ukuran 2,5 kg.

Untuk box Agar Dodol ukuran 0,5 kilogram, dia menjual seharga Rp20 ribu per box. Sedangkan ukuran cup dijual seharga Rp3 ribu per cup atau Rp25 ribu per box isi sembilan cup. Sedangkan untuk box besar biasa dijual dengan harga Rp100 ribu per box.

Selain menjual kue Agar Dodol, untuk melayani permintaan lebaran dia juga mbuat aneka kue kering khas lebaran lainnya. Seperti kue nastar, sagu keju dan stik keju. Untuk kue nastar, dijual seharga Rp150 ribu per kilogram. Sedangkan kue sagu keju dijual seharga Rp120 ribu per kilogram. Para pelanggan biasanya ada yang ambil sendiri pesanannya ke rumah. Dan ada pula yang meminta diantar bila jaraknya dekat.

"Sampai hari ini order masih banyak, baik pesanan melalui WA, medsos maupun yang datang sendiri ke rumah. tapi saya batasi karena sudah sangat dekat lebaran, saya juga perlu untuk persiapan lebaran di rumah saya sendiri. Ini hanya menyelesaikan pesanan kue yang dipesan beberapa hari sebelumnya" ujarnya. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved