Berita Palembang

Kembangkan Peternakan Hewan Kurban, Sumsel Bakal Contoh Lampung

Tingginya permintaan pasokan hewan kurban menjadi peluang usaha yang begitu manis setiap menjelang hari raya Idul Adha.

SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Sapi seberat 1 ton milik Presiden RI Jokowi yang menjadi tontonan warga sebelum dikurbankan di Masjid Raya Taqwa Palembang, Rabu (22/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Tingginya permintaan pasokan hewan kurban menjadi peluang usaha yang begitu manis setiap menjelang hari raya Idul Adha.

Oleh karenanya, tak sedikit pedagang dadakan menjamur untuk menjajakan hewan-hewan kurbannya. Entah hewan tersebut hasil ternak sendiri atau dipasok dari Sumsel dan luar Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan menyebutkan, selama ini pasokan untuk kebutuhan hewan kurban memang banyak yang berasal dari Provinsi Lampung.

Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kamis (18/7/2019)
Gubernur Sumsel H Herman Deru, Kamis (18/7/2019) (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Namun, bukan berarti Sumsel tidak memiliki potensi untuk pengelolaan pembesaran hewan kurban seperti di Lampung Tengah.

"Di sana memang ada peternakan untuk pembesaran hewan kurban, jadi wajar jika mereka banyak memasok. Tapi ini bisa juga di tiru kedepan agar peternak kita bisa seperti di Lampung," jelasnya , Kamis (8/8/2019)

Deru mengatakan, dalam spot-spot kecil masih kerap dijumpai peternak yang mengkhususkan penyediaan hewan ternak untuk kurban namun belum bersifat massal.

"Beda dengan Lampung yang memang menyediakan peternakan untuk hewan kurban. Kalau memang ini potensinya bagus saya coba untuk instruksikan dinas terkait mengembangkan potensi ini. Tidak perlu investor kita sendiri bisa kok," ungkapnya.

Lanjut Deru, Pemprov Sumsel sendiri terus menggalakkan peternak untuk turut mengelola dan meningkatkan potensi hewan ternak seperti sapi, kerbau ataupun lainnya.

"Dalam waktu dekat kita akan resmikan optimalisasi kerbau rawa di OKI. Apalagi banyak sekali produk turunannya seperti Gula Puan kerbau," ujarnya.

SEDANG BERLANGSUNG! Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Timor Leste, Nonton via HP Disini

Bawa Sapi Pakai Mobil Sedan, Empat Kawanan Pencuri Sapi dari Muratara Ditangkap di Lubuklinggau

Jarang Terlihat di TV, Ternyata Ini yang Dilakukan Maudy Ayunda, Bongkar Kehidupan Pribadinya 

Penulis: Rahmaliyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved