Berita PALI

Batu Relief Berbentuk Burung Ditemukan di TPU Tanah Abang PALI, Diduga Peninggalan Candi Bumi Ayu

Batu Relief Berbentuk Burung Ditemukan di TPU Tanah Abang PALI, Diduga Peninggalan Candi Bumi Ayu

Batu Relief Berbentuk Burung Ditemukan di TPU Tanah Abang PALI,  Diduga Peninggalan Candi Bumi Ayu
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Pihak Dinas Pariwisata PALI saat melihat langsung diduga ditemukan bangunan Candi Bumi Ayu di TPU Tanah Abang Selatan Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigen

SRIPOKU.COM, PALI - Bangunan yang diduga peninggalan Candi Bumi Ayu ditemukan di areal Tempat Pemakaman Umum (TPU) warga Tanah Abang Selatan Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir), Selasa (6/8/2019).

Bangunan berbentuk bata dengan dihiasi berbagai ornamen ciri khas Candi agama Hindu muncul di tengah batu nisan makam warga setempat.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten PALI, Emawati menuturkan, adanya dugaan temuan bangunan Candi Bumi Ayu di TPU Tanah Abang Selatan, lantaran sebelumnya pihaknya juga menemukan relief candi berbentuk Burung di sekitaran areal tersebut.

Jalankan Puasa Senin Kamis, Ternyata Punya Keutamaan yang Dahsyat Bagi Wanita

Berhenti Jadi Artis, Aktor Ganteng-ganteng Serigala Ini Pilih Jadi Anggota TNI AL, Berpangkat Lettu!

Lirik Lagu Wajib Nasional Beserta Chord Dari Sabang Sampai Merauke Ciptaan R Soerardjo dengan Video

"Tim arkeolog sebelumnya juga telah menemukan banyak diduga bangunan Candi Bumi di sekitaran TPU. Namun untuk memastikannya Tim arkeolog nanti akan kembali lagi ke PALI melakukan kajian mendalam," ungkap Emawati, Selasa (6/8/2019).

Tim Arkeolog dari BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jambi, serta arkeolog dari Jakarta sebelumnya banyak menemukan sisa bangunan candi di TPU sekitaran luasnya 500 meter itu.

Dengan banyak ditemukannya bangunan Candi Bumi Ayu ini, maka untuk sementara makam yang ada ditemukan bangunan candi disterilkan.

Sementara disekitaran areal lainnya selain ada tempat ditemukan bangunan candi, masih bisa digunakan warga setempat untuk areal pemakaman.

"Berbagai dugaan masih di kaji, apakah warga sebelumnya memindahkan bangunan candi atau memang sudah ada dk TPU ini," jelasnya.

UPDATE Listrik di Area Palembang Akan Dilakukan Pemadaman, Ini Tanggapan Resmi PLN

Marta Dinata alias Didit Pengedar Narkoba di Lahat Ini Pasrah Dikepung Polisi di Teras Rumahnya

Jijik saat Cuci Piring di Toilet, Sikap Rosa Meldianti Dikecam hingga Dibandingkan dengan Sarwendah

"Namun, tim arkelog pernah menggali atau ekskapasi di dalamnya (tanah) terdapat bangunan struktur peninggalan Candi Bumi Ayu," jelasnya menambahkan.

Sementara Joko, warga Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, menambahkan banyak ditemukan bangunan candi Bumi Ayu ini lantaran sekitaran wilayah TPU telah dilakukan pembersihan.

"Sebelumnya TPU ini serut dipenuhi tumbuhan. Jadi tidak pernah tau kalau ada struktur batu bata bangunan Candi Bumi Ayu," katanya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved